3 Langkah Untuk Menolong Pengungsi Suriah

Saat ini Anda mungkin telah menyaksikan sebuah foto mengejutkan tentang bocah 5 tahun dari Aleppo, Suriah, bernama Omran Daqneesh.

Omran Daqneesh - www.independent.co.uk

Omran Daqneesh - www.independent.co.uk

 

Bocah malang tersebut sukses menyedot perhatian banyak orang dari berbagai belahan lewat foto hasil jepretan fotografer Mahmoud Raslan. Dalam foto tersebut sekujur tubuh Omran Daqneesh terlihat penuh dengan debu dan bagian mata kirinya berlumur darah.

Namun hal yang paling mengejutkan dari foto tersebut adalah bahwa Daqneesh dan seluruh keluarganya selamat dari serangan udara yang terjadi di rumah sakit. Sementara itu perang antara rezim Assad dan ISIS telah membuat 500 ribu warga Suriah lainnya tak dapat terselamatkan.

Lebih dari 18 ribu , termasuk di antaranya 5.000 anak-anak berhasil keluar dari Aleppo, tempat tinggal Daqneesh dan keluarganya. Karena serangan udara tersebut, 95% di daerah Aleppo berusaha untuk melarikan diri dan meninggalkan sedikit tenaga terlatih untuk mengatasi 600 kasus medis yang terjadi setiap harinya di dua rumah sakit.

Saat ini mungkin Anda tidak bisa berpura-pura belum melihat foto yang memilukan dari Daqneesh. Namun setidaknya kini kita memiliki pilihan, yaitu berpaling atau melakukan sesuatu untuk membantu Daqneesh dan sejumlah korban perang lainnya yang tidak berdosa.

Berikut ini 3 langkah untuk membantu mereka.

  1. Berikan donasi untuk para dokter di lapangan yang tetap memberikan pertolongan meskipun serangan militer datang bertubi-tubi. Ben Traud dari New Yorker menjelaskan bahwa Assad terus melakukan serangan pada tenaga medis agar para penduduk Suriah tidak memiliki kesempatan untuk hidup. Namun kelompok-kelompok seperti Syrian American Medical Society, INARA, Doctors Without Borders, dan International Medical Corps tetap mempertaruhkan nyawanya untuk menolong para korban.
  2. Banyak kelompok siaga satu yang berada di Aleppo untuk menolong dan menyelamatkan orang-orang tidak bersalah yang menjadi korban dalam peperangan ini. Anda juga dapat memberikan bantuan waktu dan juga dana untuk menolong para korban seperti menyediakan tempat tidur, makanan, dan yang layak.
  3. Selamat dari konflik bersenjata memang sebuah langkah awal yang sangat penting. Namun para korban juga membutuhkan kesempatan untuk membangun komunitas baru dan memperbaiki kehidupan mereka. Kelompok-kelompok seperti Karam Foundation, MercyCorps, UNICEF, dan SOS Children’s Villages berusaha menyediakan pendidikan untuk anak-anak di sana.

Jika Anda berminat untuk membantu para korban keluar dari pengungsian yang saat ini telah penuh tersebut, Anda dapat memberikan sumbangan lewat UNHCR, Refugees Welcome, atau Migrant Offshore Aid Station.

Baca juga:  “He Named Me Malala” - Kisah Gadis yang Bangkit Kembali Setelah ditembak Taliban
author
No Response

Leave a reply "3 Langkah Untuk Menolong Pengungsi Suriah"