Abstrak, Arti dan Penggunaannya

No comment 716 views

Dalam bidang kesenian, kita pasti sering mendengar istilah “abstrak”. Selain itu, istilah ini juga sering digunakan dalam pelajaran bahasa Indonesia maupun penelitian ilmiah. Namun tahukah Anda, apa arti “abstrak” sebenarnya?

seni abstrak - id.fixabay.com

seni abstrak - id.fixabay.com

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, abstrak bisa didefinisikan sebagai tidak berwujud, tidak berbentuk, mujarad, atau niskala. kalimatnya adalah “kebaikan dan kebenaran adalah yang abstrak”. Di sini dapat disimpulkan bahwa segala sesuatu yang tidak berwujud atau tidak bisa dilihat secara kasat mata (secara konkret), dikategorikan sebagai abstrak.

Abstrak dalam pengertian ini juga bisa mengacu kepada kebendaan yang tak tampak, tidak berdefinisi, atau tidak kasat mata. Di samping itu, abstrak yang mengacu pada pengertian ini juga bisa diterapkan dalam bidang seni, contohnya seni rupa, semisal lukisan yang tidak menampilkan objek seperti yang tampak dalam dunia asli (nyata).

Dalam kurikulum bahasa Indonesia, kita juga sering mendengar istilah “ abstrak”. ini biasanya digunakan untuk mengungkapkan gagasan yang rumit, serta mampu membedakan secara halus gagasan yang bersifat teknis dan khusus (biasanya dalam karangan). Contoh -kata abstrak ini di antaranya ide, kesibukan, gagasan, keinginan, angan-angan, kehendak, perdamaian, demokrasi, kejujuran, dan sebagainya.

Seperti diuraikan sebelumnya, abstrak juga bisa ditemui dalam laporan hasil penelitian. Berkaitan dengan ini, abstrak bisa didefinisikan sebagai representasi isi dokumen yang singkat dan tepat. Selain itu, abstrak juga bisa berarti ringkasan singkat dari artikel penelitian, tesis, review, atau analisis mendalam tentang topik tertentu, yang ditujukan untuk membantu pembaca dengan cepat memastikan tujuan penelitian.

Dalam pengertian ini, abstrak bisa dibagi menjadi beberapa .

  • Abstrak Informatif, merupakan abstrak dokumen yang terpenting, sangat umum, informasi kuantitatif dan kualitatif.
  • Abstrak Indikatif, menunjukkan isi sebuah artikel dan berisi pernyataan umum tentang sebuah dokumen, tanpa disertai informasi terperinci mengenai hasil tujuan serta data kuantitatif.
  • Abstrak Ulasan, abstrak yang tidak hanya menjelaskan isi dokumen tetapi juga menilai dan memberi pendapat.
  • Abstrak Pokok, abstrak yang ditulis untuk menarik perhatian pembaca terhadap suatu dokumen.
  • Abstrak Statistik, abstrak yang menyajikan data dalam bentuk tabel atau penomoran.
  • Abstrak Mini, abstrak yang menguatkan judul dokumen yang diabstrak.
Baca juga:  Arti Hibernasi dalam Berbagai Konteks
author
No Response

Leave a reply "Abstrak, Arti dan Penggunaannya"