Akankah Amerika Serikat Tetap Menjadi Negara Super Power?

Selama ini, Amerika Serikat selalu dianggap sebagai salah satu kekuatan besar di . Negeri Paman Sam menjadi kiblat untuk segala hal di , mulai , teknologi, pendidikan, rekreasi, hingga hiburan dan kesenian. Bahkan, beberapa orang menyebut tidak afdol rasanya jika melakukan sesuatu tanpa memperoleh referensi dari Amerika Serikat.

Amerika Serikat - www.voa-islam.com

Amerika Serikat - www.voa-islam.com

 

Pertanyaannya sekarang, apa yang dimiliki Amerika Serikat sehingga membuatnya begitu besar? Padahal, jika boleh jujur, ini masih menyimpan sejumlah masalah. Amerika telah menjadi salah satu yang banyak terlibat dalam beberapa perang mengerikan. ini juga masih memiliki budak dan tingkat kemiskinan hingga 15 persen.

Namun, kenyataannya, Amerika Serikat memiliki produk bruto mencapai 18 triliun dolar AS, atau sekitar 25 persen dari keseluruhan PDB di seluruh dunia. Di bidang militer, negara tersebut masih menempati posisi teratas dengan memiliki lebih dari 13 ribu pesawat tempur, disusul Rusia, China, India, , Korea Selatan, Perancis, Mesir, dan Turki.

Di bidang ilmu pengetahuan, Amerika Serikat menempati puncak dengan 35.000.000 karya ilmiah yang telah diterbitkan sejak tahun 1993 hingga 2008. Ini masih belum mencakup penemuan di bidang bioteknologi, chip, robotika, AI (kecerdasan buatan), nabati, energi, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga, Amerika Serikat memiliki 8.000 ton cadangan emas, disusul Jerman yang “hanya” punya 3.000 ton.

Sementara, di bidang olahraga, khususnya atletik, meski hanya memiliki 4 persen dari populasi dunia, Amerika Serikat masih menjadi pengumpul medali terbanyak di Olimpiade dengan lebih dari 2.800 medali. Bahkan, jika Anda menambahkan Uni Soviet dengan Rusia, Anda hanya akan memperoleh sekitar 1.800 medali.

Amerika Serikat juga masih menjadi salah satu destinasi bagi wisatawan untuk berlibur. Total 200 miliar dolar AS dihabiskan wisatawan selama berlibur ke negara ini. Bandingkan dengan China yang hanya mampu membuat wisatawan membuang uang 108 miliar dolar AS.

Namun, sejumlah ahli telah memprediksi bahwa kekuatan Amerika Serikat yang dibangun sejak tahun 1792 perlahan akan luntur. Keterlibatan Amerika Serikat dalam setidaknya enam perang pada saat ini membuat peluang negara tersebut dibenci negara lain semakin besar. Meski demikian, AS masih memiliki 800 pangkalan militer di 70 negara di seluruh dunia.

Baca juga:  Awas, 25 Tahun Mendatang 47 Persen Pekerjaan Bakal Hilang!
author
No Response

Leave a reply "Akankah Amerika Serikat Tetap Menjadi Negara Super Power?"