Alasan Mengapa Mata Menangis Saat Mengiris Bawang

Pernah bertanya-tanya mengapa mata Anda dipenuhi dengan air mata saat Anda mengiris bawang? Salah seorang mata menunjukkan penyebabnya.

Bawang menggunakan belerang di dalam tanah untuk menciptakan asam amino sulfoksida, yang merupakan senyawa sulfur yang mudah berubah menjadi gas. Ketika bawang diiris, kemudian sel-sel pada bawang akan pecah dan mengeluarkan sebuah enzim allianse yang memproduksi gas yang disebut dengan propanethial sulphoxide. Ketika gas tersebut mengenai mata, maka ia akan bereaksi dengan air mata dan memproduksi asam bernama sulphuric acid dalam kadar ringan. Karena tidak stabil, asam tersebut akan bereaksi kembali dengan enzim lainnya untuk membentuk senyawa yang lebih stabil, yaitu Syn-propanethial-S-oxide. Senyawa tersebut merupakan gas yang bisa menguap dengan cepat di udara.

Mengiris Bawang - www.piknikdong.com

Mengiris Bawang - www.piknikdong.com

“Gas tersebut juga yang menyebabkan mata Anda mengeluarkan air mata saat memotong bawang,” kata Dr. Robert Rosa Jr, seorang dokter mata di Texas A & M College of Medicine.

Baca juga:  Pengertian dan Tujuan Metode Holistik

"Ini benar-benar proses yang rumit yang menciptakan gas," kata Rosa. "Mereka semua bertindak sebagai pendahulu yang menciptakan prosesor pelacak - atau apa yang membuat Anda menangis."

Bawang putih, kuning dan merah semuanya memiliki konsentrasi enzim bawang yang lebih tinggi yang diperlukan untuk membuat gas ini, sedangkan bawang manis, bawang hijau dan daun bawang memiliki konsentrasi lebih rendah. Selain itu, beberapa orang lebih sensitif terhadap gas ini daripada yang lain, katanya.

"Mata Anda memiliki satu set yang mendeteksi sesuatu yang berpotensi membahayakan mata. Mata Anda bereaksi terhadap gas yang terbentuk, dan ia mencoba menyiram kandungan gas tersebut melalui keluarnya  air mata," Rosa menjelaskan dalam siaran pers sekolah.

Baca juga:  Arti, Fungsi, dan Prinsip Asuransi

Namun, bawang tidak menimbulkan ancaman serius bagi visual Anda. "Memotong bawang bisa menyebabkan beberapa iritasi dan air mata, namun hal itu tidak membahayakan. Ini adalah sensasi sementara tanpa efek jangka panjang yang diketahui, juga tidak akan memperburuk kondisi lain, seperti mata berwarna merah," kata Rosa. .

Beberapa website menyajikan tips dan cara untuk menyiasati agar mata tidak terlalu perih saat mengiris bawang, tapi hal tersebut sebenarnya tidak perlu dilakukan, tambahnya.

"Beberapa orang mungkin mengiris bawang dalam semangkuk air," kata Rosa. "Sebaiknya saya merekomendasikan penggunaan obat tetes mata, untuk membantu melumasi atau membilas mata dan mencairkan paparan gas ke mata."

Ketika mata terasa perih dan mengeluarkan air mata saat mengiris bawang, sebaiknya jangan dikucek atau digosok dengan tangan. Selain dengan menggunakan obat tetes mata, untuk meringankannya Anda juga dapat mengalirkan air ke mata Anda untuk membilas senyawa iritan dari bawang yang membuat mata kita perih, atau bisa juga dengan pergi ke area yang terbuka dan menunggu sejenak sampai senyawa tersebut hilang.

Baca juga:  Hashtag #MuslimsReportStuff, Sindiran Umat Muslim kepada Donald Trump
author
No Response

Leave a reply "Alasan Mengapa Mata Menangis Saat Mengiris Bawang"