Apa Bedanya 2G, 3G, dan 4G LTE?

No comment 1318 views

Evolusi teknologi dalam pertelekomunikasian berkembang dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Dimulai sejak era 2.5G muncul, hingga baru-baru ini dengan bangganya mengklaim terobosan teknologi 5G temuannya.

memikatcahaya.com

memikatcahaya.com

 

Lalu, apa sebenarnya maksud dari istilah ‘G’ ini?

Dimulai ketika handphone Anda menunjukkan simbol E (EDGE), GPRS, 3G, ataupun 4G. Istilah-istilah ini mengacu pada teknologi telepon nirkabel yang Anda gunakan telah berbasis koneksi data. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu.

GPRS

GPRS merupakan singkatan dari General Packet Radio Service, yakni koneksi standar data yang tersedia di jaringan GSM. koneksi ini adalah yang paling lambat dan dapat diistilahkan sebagai ‘2G’. Jaringan GSM awalnya hanya bekerja pada frekuensi 900, 1800, dan 1900 MHz, serta dirancang untuk suara circuit-switched. Jika mendapat node packet-switching untuk mendukung data paket IP, makan jaringan GSM dengan GPRS dapat naik tingkat menjadi ‘2.5G’. datanya hanya berkisar puluhan kbps.

E / EDGE

Enhanced Data Rates for GSM Evolution atau disingkat EDGE, merupakan upgrade setingkat di atas GPRS. Arsitektur jaringannya hampir tak memiliki perbedaan. Hanya saja, ditambahkan beberapa skema modulasi dengan throughput data yang lebih tinggi untuk meningkatkan standar jaringan. Dianggap sebagai generasi 2.75G, kecepatan data pada layanan EDGE berkisar di atas 100 kbps.

3G

3G  merupakan jaringan generasi ketiga dari UMTS (Universal Mobile Telecommunications System). Teknologi ini sama sekali berbeda dengan GPRS maupun EDGE. Layanan ini bekerja pada frekuensi 2100 MHz. Perbedaan paling mencolok dari 3G dan 2G adalah bagaimana dari beberapa pengguna berbeda berbagi akses ke saluran radio. Pada 3G, Wideband Code Division Multiple Access (WCDMA) yang memiliki saluran di frekuensi 5 MHz dibagi untuk semua handphone yang tersambung. Setiap handphone memiliki kode khusus untuk keperluan decoding data. UMTS barebone tanpa HSDPA / HSUPA memberi kecepatan sebesar ratusan kbps.

H / HSDPA / HSUPA

Jaringan H ini tak ubahnya seperti ekstensi dari 3G standar. Tanpa banyak perubahan di sisi arsitektur jaringan, H memiliki signifikansi kecepatan yang lebih tinggi dibanding 3G. Istilah HSDPA (HSUPA) merupakan singkatan dari High Speed Downlink / Uplink Packet Access. Kecepatan datanya meningkat hingga beberapa Mbps.  

4G

Jaringan generasi keempat adalah 4G, atau yang biasa disebut LTE (Long Term Evolution). Jaringan ini benar-benar baru dengan cara kerja yang jauh berbeda dengan seri ke-2 ataupun ke-3. Akses bersama dilakukan melalui OFDMA, yakni saluran yang tersedia dibagi menjadi subchannel (subcarrier) yang masing-masing dioperasikan secara terpisah. LTE dirancang sebagai jaringan data murni dimana seluruh lalu lintas berbasis IP tidak lagi terkoneksi dengan circuit-switched. Jadi, untuk bisa menerima atau melakukan panggilan suara, handphone anda harus menurunkan jaringannya ke 2G atau 3G, kecuali operator telah menggunakan layanan VoLTE (Voice over LTE). Kecepatan yang didapat pada jaringan ini mencapai puluhan Mbps.

Baca juga:  Arti dan Macam-Macam “Diskriminasi”
author
No Response

Leave a reply "Apa Bedanya 2G, 3G, dan 4G LTE?"