Arti Ababil: ABG Labil atau Burung Pelempar Batu?

Kosakata gaul semakin hari semakin berkembang. Ketika dulu Debby Sahertian pertama kali merumuskan kamus gaul, perkembangan sehari-hari memang tidak sepesat sekarang. Sekarang, hampir semua remaja, khususnya mereka yang berusia belasan tahun atau setingkat SMP dan SMA, menggunakan gaul dalam kehidupan sehari-hari.

Ababil: ABG Labil - www.ly2l.org

Ababil: ABG Labil - www.ly2l.org

 

Ada banyak kosakatan bahasa gaul yang berkembang di kalangan remaja. Salah satunya adalah ababil. Menurut kamus gaul yang beredar di , ababil merupakan akronim atau kependekan dari ABG (anak baru gede) labil. Dengan kata lain, ababil bisa dimaknai sebagai remaja yang tidak pasti, suka berubah-ubah keputusan, tidak konsisten, tidak tetap pada pendirian, atau mudah tergoyang pendirian.

percakapan yang menggunakan kata ini adalah:

A : “Gue mau baju warna yang biru itu.”

B : “Ok. Jadi, saya bungkus yang warna biru, ya?”

A : “Ok.”

(Setelah bajunya selesai dibungkus)

A : “Eh mas, nggak jadi yang warna biru. Yang warna merah aja.”

B : “Dasar ababil nih orang (sambil mengeluarkan baju biru dan membungkus baju warna merah).”

Namun sebenarnya, selain dalam kosakata gaul, ababil juga merupakan sebutan untuk burung yang dikirim untuk melempari pasukan Abrahah dengan batu sijjil, yaitu batu yang bercampur tanah. Dikisahkan, burung ini keluar dari laut dan masing-masing membawa 3 buah batu. Dalam versi Islam, burung ababil disebut burung-burung yang terbang berkerumun, berbondong-bondong membawa batu kecil panas.

Banyak penafsiran mengenai burung ababil. Sebagian mengatakan bahwa burung ababil adalah burung besar sebesar unta, namun ada juga yang mengatakan bahwa burung ini berukuran besar dan memiliki belalai. Sementara, yang lain menafsirkan burung ababil berwarna hijau, yang lain menyebut berwarna hitam dan berasal dari laut, dan ada pula yang mengatakan bahwa burung ini merupakan burung buas pemakan bangkai.

Pada November 2012 lalu, media Arab ramai memberitakan bahwa ada seorang pria bernama Saleh Al Musfer Gamdi yang mengaku menemukan batu yang diduga dipakai sekelompok burung ababil mengusir pasukan gajah saat hendak menyerang Kabah. Batu itu ditemukan Gamdi ketika ia tengah melakukan perjalanan berburu di pegunungan terjal dekat perbatasan dengan Yaman. Batu berwarna gelap seberat 131 gram itu diklaim Gamdi terkait dengan peristiwa gajah karena pada batu tersebut terdapat gambar gajah dan burung.

Baca juga:  DNS Telkom Tercepat
author
No Response

Leave a reply "Arti Ababil: ABG Labil atau Burung Pelempar Batu?"