Arti Barakallah dan Momen untuk Mengucapkannya

Barakallah, belakangan kata ini sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya, kata ini meluncur dari mulut seseorang ketika mendapatkan sesuatu yang membahagiakan, seperti nilai ujian yang bagus, rezeki tiba-tiba, kado ulang tahun, dan sebagainya. Namun tahukah Anda, apa sebenarnya dari Barakallah tersebut?’

barakallah

barakallah

 

Barakallah merupakan yang berasal dari Arab dan terdiri dari dua kata, yaitu “baaraka” dan “Allah”. Kata “baaraka” memiliki arti berkah, sedangkan kata “Allah” tetap Allah. Jadi, jika kedua kata tersebut digabungkan, maka maknanya adalah “semoga Allah memberkahi”. Pengucapan kata atau Barakallah ini biasanya diiringi dengan tambahan “fiika”, “fiiki”, atau “fiikum” yang memiliki kepadamu (untuk laki-laki), kepadamu (untuk perempuan), atau kepada kalian (banyak orang).

Awalnya, ungkapan Barakallah ini biasa diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW, sebagaimana yang terkutip dalam sebuah perkataan Aisyah ra dalam riwayat Imam An-Nasa’i yang berbunyi:

“Aku menghadiahkan seekor domba kepada Rasulullah SAW. Maka Beliau memerintahkan, “Bagi dua domba tersebut (untuk disedekahkan)”. (Maka pembantu beliau pun mengirimkan daging domba tersebut). Dan telah menjadi suatu kebiasaan bagi Bunda ‘Aisyah ra jika pembantunya telah pulang dari melakukan hal yang semisal itu, maka ia akan menanyakan, “Apa yang mereka katakan?” Pelayanannya menjawab, “Baarakallaah fiikum (semoga Allah memberkahi kalian)”. Maka ‘Aisyah pun mengatakan, “Wa fiihim baarakallaah (semoga Allah juga memberkahi mereka], kita telah membalas doa mereka dengan doa yang semisal dan tetap bagi kita pahala atas perbuatan baik yang telah kita lakukan (memberi hadiah daging domba).”

Lantas, bagaimana ungkapan yang tepat untuk membalas ucapan Barakallah tersebut? Seperti hadis tersebut, untuk orang ketiga, kita bisa mengucapkan “Wa fiihim barakallah” untuk membalas ucapan ini. Sementara untuk orang kedua, “Wa fiika barakallah” jika orang kedua adalah laki-laki, atau “Wa fiiki barakallah” jika orang kedua perempuan, dan “Wa fiikum barakallah” jika orang kedua berjumlah lebih dari tiga.

Meski Barakallah merupakan ungkapan yang sangat baik, namun tidak semua kejadian bisa kita tanggapi dengan ucapan tersebut. Ada beberapa kejadian yang kiranya tepat untuk mengucapkan doa mulia ini, antara lain ketika mendapat pemberian, hendak memberikan hadiah, ulang tahun, pernikahan, serta kelahiran seorang bayi.

Baca juga:  Arti, Fungsi, Ciri, dan Langkah Membuat Sinopsis
author
No Response

Leave a reply "Arti Barakallah dan Momen untuk Mengucapkannya"