Arti, Bentuk, dan Dampak Eksploitasi

No comment 335 views

Akhir-akhir, kita sering menjumpai berita eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan di sejumlah daerah di Indonesia. Banyak pihak yang menilai, eksploitasi besar-besaran tersebut bisa mengancam potensi sumber daya alam Indonesia yang kemudian merugikan generasi masa depan. Namun tahukah Anda, apa arti sebenarnya dari eksploitasi?

eksploitasi - pengaduan-lain-lain.kampung-media.com

eksploitasi - pengaduan-lain-lain.kampung-media.com

 

Eksploitasi diadaptasi dari , yaitu exploitation. ini bisa diartikan sebagai politik pemanfaatan yang secara sewenang-wenang atau terlalu berlebihan terhadap sesuatu subjek eksploitasi hanya untuk kepentingan semata-mata tanpa mempertimbangkan rasa kepatutan, keadilan, serta kompensasi kesejahteraan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, eksploitasi dimaknai sebagai pemanfaatan untuk keuntungan sendiri, pengisapan, atau pemerasan (tentang tenaga orang). Secara ringkas, kata ini sama artinya dengan pengusahaan atau pendayagunaan.

Seperti diutarakan sebelumnya, eksploitasi memang cenderung dilakukan terhadap sumber daya alam. Banyak pabrik atau yang melakukan eksploitasi kekayaan alam, misalnya minyak bumi, batu bara, gas alam, hingga bahan lainnya, untuk kepentingan mereka sendiri. Dampak dari eksploitasi secara besar-besaran ini memang cenderung tidak menguntungkan, seperti:

  • Fragmentasi dan degradasi habitat, misalnya terjadi pada kawasan yang ditebang atau dirambah sehingga mengakibatkan luas hutan menjadi kecil. Hutan yang ditebang memberikan dampak antara lain perubahan struktur komunitas hutan dan kematian pohon yang berada di pinggiran hutan akibat tingginya paparan angin dan sinar matahari.
  • Ekosistem alami yang dieksploitasi dan diubah menjadi ekosistem buatan dapat menyebabkan terjadinya perubahan aliran energi dalam ekosistem yang bersangkutan.
  • Resistensi beberapa spesies, misal penggunaan pestisida dan anti-biotik secara berlebihan untuk membunuh organisme merugikan (hama) dapat menyebabkan munculnya populasi organisme yang kebal terhadap pestisida tersebut.
  • Eksploitasi berlebihan juga dapat menghilangkan spesies penting dalam suatu ekosistem.
  • Eksploitasi juga dapat mengurangi sumber daya alam terbarukan, terutama jumlah dan kualitasnya.

Selain terhadap sumber daya alam, eksploitasi juga bisa ditemukan terhadap sumber daya manusia, terutama kepada buruh. Bentuk-bentuk eksploitasi terhadap buruh ini sangat beragam, misalnya:

  • Bekerja di satu atasan, namun dipekerjakan di lebih dari satu tempat.
  • Tidak diberi tempat tinggal yang memadai.
  • Tidak diberi makan atau uang makan yang cukup.
  • Tidak mendapatkan alat keselamatan dan keamanan kerja standar.
  • Bekerja overtime atau lebih dari 12 jam sehari.
  • Bekerja tanpa dibayar sama sekali atau dibayar dengan upah yang rendah.
Baca juga:  Paradoks, Apa Artinya?
author
No Response

Leave a reply "Arti, Bentuk, dan Dampak Eksploitasi"