Arti dan Cara Mempertajam Intuisi

No comment 233 views

Jika Anda menggeluti bidang psikologi, Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah intuisi. Istilah ini juga sering kita dengar ketika kita berbicara tentang aura mistis atau indera keenam. Namun tahukah Anda, apa sebenarnya dari intuisi?

intuisi - csdnews.com

intuisi - csdnews.com

 

Menurut catatan Kamus Besar , intuisi bisa diartikan sebagai daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari. KBBI juga memaknai intuisi sebagai bisikan hati atau gerak hati. Sementara lain, intuisi bisa bermakna kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas.

Berdasarkan pengertian tersebut, intuisi secara sederhana bisa disebut sebagai suatu pemahaman yang tiba-tiba datang begitu saja dari lain dan di luar kesadaran. Misalnya, seseorang yang tiba-tiba terdorong untuk membaca buku. Dan ternyata, di dalam buku tersebut ditemukan keterangan yang dicarinya selama puluhan tahun.

lain, seseorang yang merasa harus pergi ke suatu tempat. Dan ternyata, di tempat tersebut, orang itu menemukan sebuah hal yang bisa mengubah hidupnya. Meski begitu, tidak semua intuisi berasal dari kekuatan psi. Sebagian intuisi bisa dijelaskan sebab-sebabnya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang berada dalam jajaran puncak bisnis atau kaum eksekutif memiliki skor lebih baik dalam eksperimen uji indera keenam dibandingkan dengan orang-orang biasa. Penelitian itu sepertinya menegaskan bahwa orang-orang sukses lebih banyak menerapkan kekuatan psi dalam kehidupan keseharian mereka, sesuatu hal yang menunjang kesuksesan mereka.

Hingga saat ini, intuisi yang baik dan tajam dipercaya sebagai salah satu syarat agar seseorang dapat mencapai sukses dalam hidup. Karena itu, tidak mengherankan jika banyak buku mengenai kiat-kiat sukses yang beredar selalu memasukkan strategi mempertajam intuisi.

Banyak cara sederhana untuk mempertajam intuisi. Di antaranya, menebak siapa yang menelepon Anda sebelum Anda mengangkatnya atau menjelaskan secara detail kejadian atau peristiwa yang akan terjadi. Dengan banyak berlatih, perkembangan daya intuisi juga makin maksimal.

Meski begitu, yang perlu diingat, intuisi biasanya tidak bekerja baik ketika seseorang dalam kondisi lelah, capek, stres, marah, atau kondisi tidak menyenangkan lainnya. Sebaliknya, intuisi akan bekerja maksimal ketika seseorang dalam kondisi nyaman, santai, senang, dan gembira.

Baca juga:  Arti, Jenis, dan Fungsi Katalog
author
No Response

Leave a reply "Arti dan Cara Mempertajam Intuisi"