Arti dan Contoh Sugesti dalam Kehidupan Sehari-hari

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan sugesti. Pasalnya, ini sudah sering muncul dalam berita-berita di televisi, surat kabar, atau media elektronik. Sugesti juga sering diperdengarkan pada saat diskusi atau komunikasi yang melibatkan banyak pihak. Namun, tahukah Anda, apa sugesti yang sebenarnya?

Sugesti - pakarhipnotis.com

Sugesti - pakarhipnotis.com

 

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sugesti dapat diartikan sebagai pendapat yang dikemukakan (untuk dipertimbangkan), anjuran, atau saran. Masih menurut literatur yang sama, sugesti juga bisa dimaknai sebagai pengaruh dan sebagainya yang dapat menggerakkan hati orang dan sebagainya, atau dorongan.

Sugesti sendiri berasal dari bahasa Inggris, yaitu suggestion. Pada abad kesembilanbelas, penulis topik psikologis, seperti William James, menggunakan -kata suggest dan suggestion dalam mendekati maknanya dalam percakapan sehari-hari. Kata suggest (saran) sendiri mengacu pada memberi saran kepada orang lain, sedangkan suggestion mengacu pada pikiran.

Pengaruh sugesti lebih mudah terjadi jika orang yang memberikan sugesti adalah orang-orang yang berpengaruh, orang yang berwibawa atau pemimpin dari orang tersebut. Selain dari orang-orang tersebut, sugesti dapat juga terjadi dari teman-teman dekat, bahkan yang lebih rendah derajatnya dengan dia.

Ada beberapa sugesti yang sering ditemui dalam kehidupan bermasyarakat, di antaranya:

  • Seorang tokoh masyarakat yang berpengaruh di suatu desa memberikan pandangan kepada masyarakat bahwa kekeringan mata air di desa mereka karena masyarakat menebangi hutan di hulu sungai. Dia menyarankan agar masyarakat tidak mengambil kayu lagi di hulu sungai dengan cara bergotong-royong menanam pohon kembali. Masyarakat di desa itu tanpa perlu berpikir panjang langsung mengikuti saran dari tokoh masyarakat tersebut.
  • Seseorang yang hidupnya susah menyarankan kepada seorang agar ia terus melanjutkan sekolahnya dan belajar dengan baik. Ia mengatakan kepada temannya bahwa ia sekarang menyesal karena dulu tidak mau bersekolah, sehingga hidupnya menjadi susah. Mendengar saran dari teman tersebut, ia tersugesti untuk belajar dengan baik dan harus berusaha untuk melanjutkan sekolah.
  • Seseorang yang selama ini tidak disiplin dan malas, oleh pimpinannya diberikan pandangan dan saran agar ia harus disiplin dan rajin bekerja karena ia sebenarnya memiliki kemampuan yang bagus sehingga suatu saat karirnya akan membaik. Mendengar saran dari atasannya, tanpa berpikir panjang ia mengubah sikapnya dari malas menjadi disiplin dan rajin.
Baca juga:  Arti dan Kegunaan Invoice (Faktur)
author
No Response

Leave a reply "Arti dan Contoh Sugesti dalam Kehidupan Sehari-hari"