Arti dan Jenis-jenis Potensi

No comment 269 views

Ketika bekerja pada suatu perusahaan atau bekerja secara wiraswasta, kita selalu dituntut untuk terus mengembangkan potensi diri. Pasalnya, pengembangan potensi diri ini memiliki dampak yang signifikan terhadap kelanjutan karir kita di masa mendatang. Namun tahukah Anda, apa arti sebenarnya dari potensi?

potensi - www.tenagadalam.com

potensi - www.tenagadalam.com

 

Menurut Kamus Besar Bahasa , potensi dapat diartikan sebagai kemampuan yang memiliki kemungkinan untuk dikembangkan. Secara sederhana, potensi dapat disamakan dengan kekuatan, kesanggupan, atau daya.

Sementara menurut Wiyono, potensi adalah kemampuan dasar seseorang yang masih terpendam dan menunggu untuk dimunculkan sebagai kekuatan yang nyata. Dengan lain, potensi didefinisikan sebagai kemampuan yang masih terpendam dan siap untuk diwujudkan dan dapat dimanfaatkan dalam kehidupan manusia itu sendiri.

Adapun menurut Madji, potensi merupakan kemampuan yang masih bisa dikembangkan lebih baik lagi, atau kemampuan terpendam yang masih perlu untuk dikembangkan. Lalu, Endra K. Pihadi mengatakan bahwa potensi adalah suatu energi atau kekuatan yang masih belum digunakan secara optimal. Dalam hal ini, potensi diartikan sebagai kekuatan yang masih terpendam yang dapat berupa kekuatan, minat, bakat, kecerdasan, yang masih belum digunakan secara optimal, sehingga manfaatnya masih belum begitu terasa.

Potensi sendiri terdiri dari beberapa macam, salah satunya potensi berpikir. Potensi berpikir dimiliki oleh semua manusia di dunia, dan hal ini yang membuat manusia memungkinkan untuk mempelajari hal-hal baru dan juga menghasilkan ide-ide dan juga pemikiran baru ataupun baru.

Selain itu, ada juga potensi , yang merupakan potensi yang dimiliki manusia dalam sisi yang biasanya dapat melakukan gerakan yang efektif dan efisien. Orang yang memiliki potensi akan mudah mempelajari segala macam olahraga dan segala permainan dalam olahraga seperti sepakbola, bulu tangkis, dan lain sebagainya.

Menurut Howard Gardner, potensi yang terpenting adalah intelegensi, yang dibagi menjadi:

  • Intelegensi linguistik, intelegensi yang menggunakan dan mengolah kata-kata, baik lisan maupun tulisan, secara efektif. Intelegensi ini antara lain dimiliki oleh para sastrawan, editor, dan jurnalis.
  • Intelegensi matematis-logis, kemampuan yang lebih berkaitan dengan penggunaan bilangan pada kepekaan pola logika dan perhitungan.
  • Intelegensi ruang, kemampuan yang berkenaan dengan kepekaan mengenal bentuk dan benda secara tepat serta kemampuan menangkap dunia visual secara cepat. Kemampuan ini biasanya dimiliki oleh para arsitek, dekorator, dan pemburu.
  • Intelegensi kinestetik-badani, kemampuan menggunakan gerak tubuh untuk mengekspresikan gagasan dan perasaan. Kemampuan ini dimiliki oleh aktor, penari, pemahat, atlet, dan ahli bedah.
  • Intelegensi musikal, kemampuan untuk mengembangkan, mengekspresikan, dan menikmati bentuk-bentuk musik dan suara. Kemampuan ini terdapat pada pencipta lagu dan penyanyi.
  • Intelegensi interpersonal, kemampuan seseorang untuk mengerti dan menjadi peka terhadap perasaan, motivasi, dan watak temperamen orang lain seperti yang dimiliki oleh seseorang motivator dan fasilitator.
  • Intelegensi intrapersonal, kemampuan seseorang dalam mengenali dirinya sendiri. Kemampuan ini berkaitan dengan kemampuan berefleksi (merenung) dan keseimbangan diri.
Baca juga:  Arti dan Penggunaan “Konfrontasi”
author
No Response

Leave a reply "Arti dan Jenis-jenis Potensi"