Arti dan Teknik Pelafalan Xie Xie

No comment 34 views

Suka atau tidak suka, gempuran hal-hal yang berbau Mandarin ke memang semakin masif. Pada pertengahan tahun 2000-an, banyak produk sepeda motor yang menyasar pasar Indonesia. Setelah produk roda dua China tidak bergaung, kini giliran model smartphone dan laptop yang bertebaran di Tanah Air.

Xie Xie - www.deviantart.com

Xie Xie - www.deviantart.com

 

Indonesia memang menjadi pangsa pasar yang menjanjikan bagi produk-produk asal Negeri Tirai Bambu. Pasti Anda sudah tidak asing lagi denga merek gadget seperti Lenovo, Oppo, atau Xiaomi. Merek-merek tersebut cukup laris di pasar Indonesia, karena selain ditawarkan dengan harga terjangkau, juga memiliki kualitas yang tidak kalah jika dibandingkan merek terkenal dari lain.

Selain dalam bentuk produk fisik, gempuran China ke Indonesia juga terjadi di sektor budaya. Meski tidak segamblang budaya Korea dengan K-pop-nya, namun budaya China perlahan-lahan telah merambah ke berbagai bidang kehidupan. Di hiburan, sudah banyak film asal China yang telah diputar di Tanah Air. Sementara, fashion asal Tiongkok menjadi salah satu referensi berbusana kalangan pesohor Tanah Air.

Di samping itu, bahasa China kini juga mulai banyak dipelajari orang-orang Indonesia. Selain karena banyaknya orang keturunan Tionghoa yang bermukim di negara ini, bahasa China yang menjadi salah satu bahasa utama di dunia membuat beberapa orang mau tidak mau mempelajari bahasa dari negara di kawasan Asia Timur tersebut.

Ada banyak bahasa Mandarin yang cukup sering terdengar di lingkup pergaulan sehari-hari. Salah satu yang lazim diucapkan adalah xie xie. Xie xie merupakan paling lazim yang digunakan untuk mengucapkan “terima kasih” dalam bahasa Mandarin. Di negeri asalnya, kata ini banyak digunakan di kawasan utara dan barat daya. Penutur aslinya lebih banyak dibandingkan dengan bentuk dialek bahasa China lainnya.

Pelafalan xie xie dalam bahasa Indonesia kurang lebih “syeh-syeh”. Untuk nada xie di bagian depan, awalnya agak tinggi, kemudian turun. Sementara, untuk xie yang kedua, nadanya netral, atau diucapkan dengan ringan dan tanpa penekanan. Cara lain mengucapkan terima kasih yang melibatkan xie xie adalah xie xie ni de bang zhu, yang artinya terima kasih atas bantuannya.

Baca juga:  Sejarah dan Arti Lambang Suzuki
author
No Response

Leave a reply "Arti dan Teknik Pelafalan Xie Xie"