Arti Dilema dan Cara Mengatasinya

No comment 600 views

Di dalam kehidupan sehari-hari, kita tentunya pernah dihadapkan pada situasi serba sulit, salah satunya harus memilih antara A dan B. Sekilas, Anda mungkin cenderung memilih A karena beberapa . Namun di sisi lain, Anda tidak bisa begitu saja mengacuhkan si B karena juga beberapa . Situasi demikian ini lebih populer disebut dengan dilema.

dilema - sazea.com

dilema - sazea.com

 

Menurut Kamus Besar Indonesia, dilema bisa diartikan sebagai situasi sulit yang mengharuskan seseorang menentukan pilihan antara dua kemungkinan yang sama-sama tidak menyenangkan atau tidak menguntungkan. Dengan kata lain, dilema adalah situasi sulit dan membingungkan.

Seperti diutarakan sebelumnya, hampir semua orang pernah merasakan dilema dalam hidupnya. Mulai dari remaja hingga orang tua pernah merasakannya. Penyebab munculnya dilema ini pun bermacam-macam, mulai masalah pekerjaan, , hubungan pertemanan, pasangan, dan masih banyak lagi.

Khusus untuk anak remaja, dilema biasanya muncul karena masalah sekolah, hubungan pertemanan, percintaan, dan lain-lain. Contoh dilema cinta yang paling klise adalah ketika seorang perempuan jatuh cinta kepada pacar sahabatnya. Jika ia memilih si lelaki, tentu saja persahabatannya akan hancur. Namun jika ia memilih untuk menjauhi lelaki tersebut, bisa saja hatinya akan terluka. Kedua pilihan sulit ini kemudian membuat perempuan tersebut mengalami dilema.

Lain remaja, lain juga orang dewasa. Biasanya, orang dewasa mengalami dilema tentang masalah pasangan hidup, keluarga, hingga pekerjaan. Misalnya, seorang wanita karir yang harus memilih antara keluarga dan pekerjaannya. Di satu sisi, ia merasa harus ikut membantu keuangan keluarga dengan bekerja dengan konsekuensi kehilangan banyak waktu dengan anak-anaknya. Sementara jika ia tidak bekerja, maka keuangan keluarga akan surut.

 

Baca juga:  Arti dan Contoh Keunggulan Absolut

Dalam pekerjaan, dikenal pula dilema etik. Dilema etik adalah situasi ketika para pekerja harus memilih antara dua pilihan atau lebih yang relevan, namun pilihan tersebut bertentangan secara arahan etika. Singkat kata, setiap alternatif pilihan akan menghasilkan sesuatu yang tidak diinginkan oleh satu orang atau lebih.

Dilema mengharuskan seseorang bijak memilih di antara pilihan yang sulit, yang paling sedikit menimbulkan efek negatif. Namun tidak menutup kemungkinan, ada pilihan lain yang muncul dalam mengatasi situasi yang dilematis.

Seperti contoh wanita karir di atas, bisa saja ia mencari alternatif lain dengan bekerja di rumah, misalnya membuat usaha kue atau lainnya. Dengan demikian, ia tetap bisa membantu keuangan keluarga tanpa harus mengorbankan kebersamaan dengan anak-anak.

author
No Response

Leave a reply "Arti Dilema dan Cara Mengatasinya"