Arti Foto Candid dan Teknik Melakukannya

Seiring dengan berkembangnya , terutama menjamurnya dengan berkualitas, aktivitas berfoto memang semakin sering dilakukan masyarakat. Selain untuk mengabadikan momen, aktivitas berfoto ini juga banyak yang dilakukan untuk keperluan narsis dengan mem-posting hasil jepretan ke media sosial, seperti Facebook atau Instagram.

Foto Candid - www.jackgreene.com

Foto Candid - www.jackgreene.com

 

Ada banyak gaya yang bisa dilakukan seseorang dalam mengabadikan momen bersejarahnya. Yang paling terkenal adalah selfie atau self-portrait atau swafoto, yaitu pengambilan foto diri sendiri melalui smartphone atau webcam yang kemudian diunggah ke media sosial. Foto dengan model selfie ini mencapai puncaknya ketika foto Ellen DeGeneres pada tahun 2014 lalu memperoleh rekor re-tweet terbanyak di media sosial Twitter.

Selain selfie, ada juga model berfoto lain yang makin digemari, yaitu candid. Candid ini sebenarnya bukan baru dalam dunia fotografi. Menurut kamus Oxford, candid adalah photograph is one that is taken without the person in it knowing that they are being photographed. Jika diterjemahkan secara bebas, candid ini adalah foto atau potret yang dibuat dengan cara sembunyi sehingga objek foto tidak menyadarinya.

Karena tidak disadari oleh objek foto, hasil yang didapatkan dari candid ini cenderung lebih natural dengan ekspresi objek yang sama sekali tidak sadar dengan keberadaan kamera dan seseorang yang sedang melakukan pengambilan gambar terhadapnya. Pada perkembangannya, candid semakin digemari, terutama mereka yang aktif di media sosial.

Untuk Anda yang ingin memperoleh hasil foto candid yang keren, berikut beberapa langkah yang bisa Anda terapkan.

  • Jangan menggunakan flash. Sebagai gantinya, cobalah untuk melebarkan aperture dan menggenjot ISO. Hal ini akan membantu Anda dalam pengambilan foto yang baik, meski berada dalam kondisi low-light.
  • Gunakan lensa tele karena ini adalah cara paling mumpuni untuk membuat kehadiran Anda tidak disadari oleh objek yang akan Anda jepret.
  • Tambahkan konteks, dengan menempatkan objek di kiri atau kanan frame guna menunjukkan lokasi tempat objek berada atau apa yang sedang mereka lakukan.
  • Bidik objek sebanyak mungkin dengan bantuan burst. Anda akan terkejut melihat hasilnya karena siapa tahu dari foto-foto ini, ada satu foto atau lebih yang stand out dan membuat Anda bisa tersenyum puas.
Baca juga:  Pengertian Hikayat dan Unsur Pembangunnya
author
No Response

Leave a reply "Arti Foto Candid dan Teknik Melakukannya"