Arti Gelar Lc dan Bagaimana Mendapatkannya

No comment 2720 views

Jika Anda pernah menonton acara religi di televisi, Anda pasti sudah sering melihat ustaz yang memberikan ceramah tersebut terkadang memiliki gelar Lc di belakang nama mereka. Pertanyaannya, apakah gelar Lc itu? Apakah sama dengan gelar akademik lainnya, seperti sarjana atau magister? Lalu, bagaimana caranya ustaz-ustaz itu memperoleh gelar tersebut?

Gelar Lc - cahpulokulon.blogspot.com

Gelar Lc - cahpulokulon.blogspot.com

 

Di kalangan umum, gelar Lc ini sering disebut sebagai singkatan dari Lulusan Cairo. Meski tidak begitu tepat, tetapi pendapat umum ini memang memiliki kedekatan dengan arti sebenarnya dari Lc itu sendiri karena berasal dari kawasan Timur Tengah.

Gelar Lc merupakan gelar yang didapatkan bagi lulusan universitas yang berada di kawasan Timur Tengah, seperti Yaman, Sudan, Pakistan, Mesir, dan lain-lain. Mereka yang belajar bahasa Arab dan syariah di kampus luar negeri (dan juga LPIA atau Lembaga Pengetahuan Islam dan Arab Jakarta), mendapatkan gelar Lc ini. Namun, meski berasal dari Timur Tengah, ternyata gelar Lc ini bukan merupakan singkatan dari bahasa Arab.

Gelar Lc merupakan singkatan yang berasal dari bahasa Inggris, yaitu License. Kenapa berasal dari Inggris? Seperti diketahui, wilayah Arab dan beberapa Timur Tengah dulunya pernah menjadi jajahan Inggris, sehingga kerajaan tersebut mewariskan beberapa istilah khusus, salah satunya License ini. Seperti halnya di Indonesia yang pernah dijajah Belanda, diwarisi istilah gelar Drs. atau Doktorandus.

Selain License, ada juga sebutan Bakalurios atau Bachelor yang juga digunakan untuk jenjang S-1. Jadi, di beberapa negara, selain menggunakan gelar License, ada juga yang menggunakan gelar Bakalurios, meski esensinya tetap sama. Untuk diketahui, gelar Lc ini bersifat umum, yang artinya tidak hanya digunakan untuk lulusan bahasa Arab saja, tetapi juga lulusan bidang keilmuan lain seperti Teknik atau Komputer.

Di Indonesia, gelar ini bisa disamakan dengan strata satu atau sarjana. Meski demikian, gelar Lc yang disematkan kepada warga negara Indonesia lulusan pendidikan Timur Tengar dan LPIA bukanlah sebuah gelar yang termaktub dalam perundang-undangan dan legalisasi pendidikan di Indonesia. Bahkan, orang-orang Arab juga jarang mencantumkan gelar ini di belakang nama mereka.

Baca juga:  Arti dan Contoh Sugesti dalam Kehidupan Sehari-hari
author
No Response

Leave a reply "Arti Gelar Lc dan Bagaimana Mendapatkannya"