Arti Gelar M.Si. di Perguruan Tinggi di Indonesia

Salah satu alasan mengapa banyak pelajar di memilih melanjutkan studi ke perguruan tinggi, selain menuntut ilmu, juga memperoleh gelar. Pasalnya, gelar akademik ini sangat penting bagi kelangsungan hidup di masa depan, terutama dalam hal pekerjaan atau meniti karir.

Gelar M.Si. - www.kompasiana.com

Gelar M.Si. - www.kompasiana.com

 

Gelar akademik atau gelar akademis sendiri merupakan gelar yang diberikan kepada lulusan akademik bidang studi tertentu dari suatu perguruan tinggi, baik itu universitas maupun institut. Gelar akademik kadangkala disebut dengan istilahnya dalam bahasa Belanda yaitu titel (dari bahasa Latin titulus). Di Indonesia, gelar akademik terdiri dari sarjana (bachelor), magister (master), dan doktor (doctor).

Untuk gelar akademik sarjana (atau S-1), sebelum tahun 1993, gelar yang ada di Indonesia untuk tingkatan ini adalah Doktorandus (Drs.), Doktoranda (Dra.), dan Insinyur (Ir.). Setelah tahun 1993, terdapat pembakuan gelar sarjana yang ada di Indonesia, di antaranya Sarjana Kedokteran (S.Ked), Sarjana Ekonomi (S.E.), Sarjana Psikologi (S.Psi.), Sarjana Pendidikan (S.Pd.), dan Sarjana Sastra (S.S.).

Sementara, untuk gelar magister, merupakan gelar akademik yang diberikan kepada lulusan pendidikan magister atau S-2. Di luar, gelar magister ini juga disebut dengan gelar master. Untuk meraih gelar magister ini, umumnya harus menempuh studi selama 1,5 tahun hingga 2 tahun, namun ada juga yang menyelesaikannya dalam waktu 1 tahun atau lebih dari 2 tahun. Karya yang diwajibkan dan merupakan persyaratan meraih gelar ini disebut dengan tesis.

Layaknya gelar sarjana, di Indonesia juga terdapat banyak gelar magister sesuai dengan bidang ilmu pengetahuan yang ditekuni. Salah satu gelar magister yang ada di Indonesia adalah Magister Sains atau biasa disingkat dengan M.Si.

Umumnya, banyak orang yang berpendapat bahwa gelar M.Si. ini hanya bisa didapatkan ketika seseorang menempuh S-2 dalam bidang studi MIPA, seperti Matematika, Fisika, Kimia, atau Biologi. Padahal, gelar M.Si. ini tidak melulu disematkan pada bidang studi tersebut. Bidang studi lain, seperti Akuntansi dan Manajemen, juga menyematkan gelar ini pada lulusan S-2, misalnya saja di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada.

Lain di Indonesia, lain pula di luar negeri. Jika di Indonesia gelar untuk lulusan S-2 dalam bidang sains yang mengutamakan pendekatan perhitungan adalah M.Si, maka di luar negeri, gelar yang didapat adalah M.Sc. atau Master of Science.

Baca juga:  Biaya Kuliah Terbaru Universitas YARSI
author
No Response

Leave a reply "Arti Gelar M.Si. di Perguruan Tinggi di Indonesia"