Arti Gender, Jenis Kelamin atau Gamelan Jawa?

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan gender. ini mendadak akhir-akhir ini seiring dengan maraknya isu yang menyangkut perbedaan jenis kelamin, baik pria maupun wanita, atau juga yang berkenaan dengan kaum LGBT.

Gender - update.ahloo.com

Gender - update.ahloo.com

 

Dalam lingkup sosial atau sosiologi, gender (dibaca juga jender) mengacu pada sekumpulan ciri-ciri khas yang dikaitkan dengan jenis kelamin seseorang dan diarahkan pada peran sosial atau identitasnya dalam . WHO memberi batasan gender sebagai seperangkat peran, perilaku, kegiatan, dan atribut yang dianggap layak bagi laki-laki dan perempuan yang dikonstruksi secara sosial dalam suatu .

Menurut pengertian tersebut, konsep gender berbeda dari seks atau jenis kelamin (laki-laki dan perempuan) yang bersifat biologis, walaupun dalam pembicaraan sehari-hari seks dan gender dapat saling dipertukarkan. Dalam konsep gender, yang dikenal adalah peran gender individu di masyarakat sehingga orang mengenal maskulinitas dan femininitas.

Sebagai ilustrasi, sesuatu yang dianggap maskulin dalam satu kebudayaan bisa dianggap sebagai feminin dalam budaya lain. Dengan lain, ciri maskulin atau feminin itu tergantung dari konteks sosial-budaya, bukan semata-mata pada perbedaan jenis kelamin.

Menurut Mansour Fakih dalam bukunya “Analisis Gender dan Transformasi Sosial”, gender merupakan sebuah konsep yang menyebutkan suatu sifat yang melekat pada kaum laki-laki maupun perempuan yang dikonstruksi secara sosial maupun kultural. Dari pengertian yang diajukan oleh Mansour, ada beberapa kata kunci yang patut diperhatikan, yaitu sifat, konstruksi sosial, dan konstruksi budaya. Bisa disimpulkan bahwa perbedaan antara kaum laki-laki dan perempuan bertumpu pada tiga kata kunci tersebut.

Karena konsep gender tergantung dari konteks sosial dan budaya setempat, maka ada beberapa kesimpulan mengenai gender di beberapa , di antaranya:

  • Di Amerika Serikat (dan kebanyakan negara lain), perempuan mendapatkan uang jauh lebih sedikit daripada pria untuk pekerjaan yang sama.
  • Di Vietnam, pria yang merokok lebih banyak dibandingkan wanita, karena perokok wanita dianggap tidak tradisional.
  • Pria Arab Saudi diizinkan untuk mengendarai mobil, sementara perempuan tidak.
  • Di sebagian besar dunia, perempuan melakukan pekerjaan rumah tangga lebih banyak dibandingkan pria.

Selain dalam konteks sosial, gender ternyata juga merupakan istilah yang berlaku untuk menyebut kesenian khas Jawa. Menurut Kamus Besar Bahasa , gender adalah gamelan Jawa yang dibuat dari bilah-bilah logam berjumlah empat belas buah dengan penggema dari bambu.

Baca juga:  Definisi dan Pengertian, Bank Garansi Adalah …
author
No Response

Leave a reply "Arti Gender, Jenis Kelamin atau Gamelan Jawa?"