Arti Hibernasi dalam Berbagai Konteks

No comment 20541 views

Menurut Kamus Besar Bahasa hibernasi adalah: keadaan istirahat atau tidur pada binatang selama musim dingin.

Biasanya kondisi hibernasi ini identik dengan hewan-hewan seperti beruang, bekicot, tupai tanah, landak, lebah, kelelawar, dan beberapa jenis hewan lainnya.

Pada saat sebelum hibernasi, hewan-hewan tersebut biasanya melakukan mengkonsumsi makanan sebanyak-banyaknya, seperti yang terjadi pada beruang. Hewan-hewan melakukan fase hibernasi untuk menyimpan cadangan lemak bagi tubuh mereka untuk beradaptasi menghadapi musim dingin, atau musim-musim dengan suhu iklim yang menurun dari biasanya.

hibernasi-tupai

Pada manusia, hibernasi memiliki arti yang agak berbeda. Manusia tidak berhibernasi untuk menyiapkan diri menghadapi musim dingin. Arti hibernasi pada manusia lebih mengacu pada istilah beristirahat secara maksimal pasca mengalami sakit atau kondisi-kondisi yang lelah. Belum ada definisi yang baku tentang makna hibernasi pada manusia. Namun, pada kasus astronot yang harus menempuh jarak ribuan bahkan jutaan tahun cahaya menuju luar angkasa, memang ada teknik-teknik tertentu yang membuat para astronot berada dalam kondisi tidur panjang hingga tiba di planet tujuan. Kondisi ini bisa juga disebut sebagai kondisi hibernasi, meskipun prosesnya juga dibantu oleh zat-zat dan alat tertentu sesuai standar NASA.

Baca juga:  Arti dan Macam Integrasi

Istilah hibernasi juga dikenal dalam dunia teknologi. Arti hibernasi pada komputer atau laptop adalah suatu kondisi dimana komputer dan laptop akan mentransfer semua data yang ada di RAM ke hard disk. Mulai dari data program, file, hingga setting. Setelah ditransfer, aliran dimatikan, kemudian komputer pun mati total. Manfaat dari hibernasi pada komputer atau laptop hampir sama dengan manfaat hibernasi pada hewan dan manusia, yaitu untuk mengistirahatkan seluruh dari komputer tersebut agar kinerja komputer tetap baik dan tidak mudah rusak.

author
No Response

Leave a reply "Arti Hibernasi dalam Berbagai Konteks"