Arti Hoax dan Contohnya

No comment 124 views

Belakangan ini, kita tentu sudah familiar dengan istilah hoax. Gara-gara hoax ini, banyak kasus bermunculan, terutama dari kabar yang berasal dari media sosial dan juga media-media online yang tidak jelas pemberitaannya. Bahkan, pemerintah Indonesia sampai menyerukan agar waspada terhadap hoax dan berusaha untuk memeranginya. Namun, tahukah Anda, apa arti hoax sebenarnya?

Hoax - www.kongkie.com

Hoax - www.kongkie.com

Hoax (dibaca hoks) menurut McDougall dan Curtis D adalah deliberately fabricated falsehood made to masquerade as truth. Jika diterjemahkan secara bebas, hoax dapat diartikan sebagai sebuah kebohongan yang secara sengaja dibuat “menyamar” seolah-olah berita itu adalah sebuah kebenaran. Hoax juga bisa dikatakan sebagai sebuah pemberitaan palsu sebagai usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengar untuk memercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita itu palsu.

atau istilah hoax pertama kali muncul di kalangan netter Amerika Serikat. Kala itu, hoax didasarkan pada sebuah judul film The Hoax. The Hoax ini adalah sebuah film drama AS yang meluncur tahun 2006 dan disutradarai oleh Lasse Hallstrom. Film The Hoax dibuat berdasarkan buku dengan judul yang sama karangan Clifford Irving dan berfokus pada biografi Irving sendiri serta Howard Hughes yang dianggap membantu penulisan.

Baca juga:  7 Perbedaan Mendasar Bank Konvensional dan Bank Syariah

Banyak kejadian yang diuraikan Irving dalam bukunya yang diubah atau dihilangkan dalam film. Sejak saat itu, film The Hoax dianggap sebagai film yang banyak mengandung kebohongan. Karena itu, setiap kali muncul berita palsu atau bohong, maka netter AS menggunakan istilah hoax ini. Namun, menurut fisiologis , Robert Nares (1753-1829), kata hoax sudah muncul sejak abad ke-18 sebagai singkatan atau istilah lain dari “hocus” yang berarti permainan sulap.

Di era digital yang canggih seperti sekarang ini, ketika media sosial telah menjadi urat nadi informasi manusia modern, informasi menjadi sebuah barang yang memang mudah dibuat, disebarluaskan, dan akhirnya dipercayai sebagian orang. Salah satu pemberitaan palsu yang paling umum adalah mengklaim suatu barang atau kejadian dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang atau kejadian sebenarnya.

Baca juga:  Arti Revitalisasi

Ada banyak berita hoax yang beredar di Indonesia belakangan ini. Salah satu yang juga menjadi perhatian serius pemerintah Indonesia adalah munculnya isu atau rumor yang menyebutkan serbuan 10 juta pekerja asal China ke Indonesia. Meski kabar serbuan pekerja kasar China ke Indonesia tidak sepenuhnya hoax, namun menurut pemerintah tidak sampai 10 juta orang, melainkan “hanya” 20 ribuan pekerja.

Contoh lain lagi seputar hoax adalah berkaitan dengan permainan populer Pokemon Go. Ketika banyak masyarakat yang mulai menggemari permainan ini, beredar kabar bahwa arti dari “Pokemon Go” adalah “Aku Yahudi”. Tidak hanya nama aplikasinya saja, nama-nama monster yang ada di dalam game juga disebut mempunyai makna, seperti “Pikachu” yang berarti “Jadilah Yahudi”. Si penyebar hoax menyebut itu adalah arti dalam bahasa Suryani. Namun, pihak Nintendo selaku pengembang telah membantah bahwa game ini memiliki keterkaitan dengan suatu agama tertentu.

Baca juga:  Arti dan Penggunaan Istilah “Skeptis”

Kemudian, di akhir tahun 2016 lalu, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kabar yang menyebutkan bahwa desain pecahan uang rupiah baru mirip dengan mata uang dari China, yuan. Di samping itu, masyarakat juga mengkritik kehadiran logo yang dikatakan mirip gambar palu arit di logo Bank Indonesia. Sebenarnya, logo BI yang disebut menyerupai simbol komunis itu merupakan bagian dari teknologi cetak khusus yang disebut dengan rectoverso. Teknik ini akan membuat gambar menjadi tidak beraturan dan baru terlihat jelas ketika uang diterawang.

author
No Response

Leave a reply "Arti Hoax dan Contohnya"