Arti Istilah ‘Matte’ dalam Bidang Teknologi, Percetakan, dan Kecantikan

Matte Lipstick - www.livearticle.info
Matte Lipstick - www.livearticle.info

Anda mungkin pernah atau malah sering mendengar istilah “matte”. Istilah ini biasanya kita temukan dalam segmen , terutama jika berbicara mengenai layar suatu perangkat (terutama laptop atau notebook). Selain itu, istilah “matte” juga terkadang disebutkan dalam kecantikan atau make up. Lalu, apa arti sebenarnya dari istilah “matte” tersebut?

Matte Lipstick - www.livearticle.info
Matte Lipstick – www.livearticle.info

Dalam dunia percetakan dan teknologi, istilah “matte” juga sering disamakan dengan istilah “doff”. Jika kita berbicara kertas, maka kertas matte adalah kertas yang memiliki permukaan lebih bertekstur dan lebih sedikit memantulkan cahaya. kertas ini dikatakan lebih awet karena bisa dipegang tanpa takut adanya bekas sidik jari, terutama untuk kertas foto.

Di samping itu, jenis kertas matte tersebut juga sangat mudah menyerap tinta sehingga bisa digunakan untuk ‘menyembunyikan’ kualitas tinta dan printers, sekaligus tidak memantulkan cahaya. Dilihat dari kebutuhan, maka kertas matte atau doff ini sangat cocok untuk foto yang akan dibingkai atau banyak dipegang-pegan karena kertasnya lebih awet dan tidak lengket.

Baca juga:  Definisi dan Makna Kata “Azzam”

Sementara, di segmen teknologi, matte juga sering dikaitkan dengan pelapis layar. Di dalam notebook, penggunaan layar matte dikatakan membuat tidak begitu cerah, terutama ketika perangkat digunakan di bawah sinar matahari atau ruangan yang sangat terang. Namun, layar jenis ini tidak memantulkan bayangan, bahkan bayangan sorot lampu ke layar, sehingga sangat nyaman digunakan. Di samping itu, layar matte juga diklaim mampu mengusir debu dan memiliki anti-reflektif.

Nah, untuk dunia kecantikan, terutama make up, kebanyakan wanita pasti mengenal lipstik matte. Ini adalah lipstik yang telah menjadi favorit banyak wanita, karena diklaim dapat bertahan lama dan tidak mudah menempel pada gelas saat Anda minum atau tisu. Beberapa kelebihan lipstik matte di antaranya sebagai berikut.

  • Bebas luntur, karena lipstik matte tidak menyebar dan bahkan mampu bertahan sepanjang hari.
  • Tahan lama, sehingga Anda dapat mengaplikasikan lipstik jenis ini hanya satu kali untuk kebutuhan seharian.
  • Tidak menempel, seperti diutarakan sebelumnya, salah satu keunggulan lipstik matte adalah tidak menempel, baik di gelas, tisu, maupun pakaian.
  • Terlihat alami, lipstik matte juga diklaim sangat mudah dan sederhana untuk digunakan. Selain itu, lipstik jenis ini juga cocok untuk segala jenis make up, karena meski tebal, namun masih memberikan tampilan yang alami.
  • Baik digunakan di musim panas, karena mampu bertahan lama di bibir, bahkan setelah Anda berkeringat, lipstik matte cocok digunakan ketika cuaca panas. Selain itu, lipstik ini juga tidak menimbulkan panas pada bibir.
  • Cocok untuk setiap bentuk wajah, karena setiap warna matte yang unik memberikan definisi yang tepat untuk bibir dan juga wajah.
Baca juga:  Arti dan Penggunaan “Konfrontasi”

Nah, istilah “matte” sering dipertentangkan dengan “glossy”. Dalam dunia cetak-mencetak, kertas glossy disebutkan memiliki permukaan yang halus dan memantulkan lebih banyak cahaya yang membuatnya terlihat mengilap. Definisi ini juga kurang lebih sama berlaku untuk layar glossy pada perangkat mobile. Sementara, untuk lipstik glossy, ini adalah lipstik yang umumnya memiliki warna cerah, terasa lengket di bibir, dan hampir terasa nyaman seperti ketika menggunakan lip balm.