Arti, Jenis, dan Fungsi Advokasi

No comment 2617 views

Advokasi yang identik dengan kerja keras memang dapat menjadi sesuatu yang memberatkan pikiran kita. Namun, advokasi memberikan semangat untuk membela kebenaran dan melawan ketidakadilan yang sering terjadi dalam kehidupan sehari. Namun tahukah Anda, apa sebenarnya dari “advokasi”?

advokasi - diskusifkm.blogspot.com

advokasi - diskusifkm.blogspot.com

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, advokasi bisa diartikan sebagai pembelaan. Advokasi juga bisa diartikan sebagai bentuk upaya persuasi yang mencakup kegiatan penyadaran, rasionalisasi, argumentasi, serta rekomendasi tindak lanjut mengenai suatu hal atau kejadian.

Di samping itu, advokasi juga bisa bermakna sebagai suatu bentuk usaha untuk memengaruhi kebijakan publik dengan berbagai macam pola komunikasi persuasif. Advokasi juga bisa disebut sebagai aktivitas memberikan pertolongan terhadap klien untuk mencapai layanan yang mereka telah ditolak sebelumnya dan memberikan ekspansi terhadap layanan tersebut agar banyak orang yang terwadahi.

Istilah advokasi memang sangat kental kaitannya dalam dunia hukum. Bagi orang-orang yang memiliki keahlian di bidang advokasi, biasanya disebut dengan istilah advokat.

Jika dikaitkan dengan skala masalah yang dihadapi, advokasi bisa dibagi menjadi tiga , yaitu advokasi diri, advokasi kasus, dan advokasi kelas.

  • Advokasi diri, yaitu advokasi yang dilakukan pada skala lokal dan bahkan sangat .
  • Advokasi kasus, yaitu advokasi yang dilakukan sebagai proses pendampingan terhadap orang atau kelompok yang belum memiliki kemampuan membela dirinya dan kelompoknya
  • Advokasi kelas, yaitu sebuah proses mendesakkan kebijakan publik atau kepentingan satu kelompok masyarakat dengan tujuan akhir terwujudnya perubahan sistematik yang berujung pada lahirnya kebijakan yang melindungi atau berubahnya legislasi yang dianggap tidak adil.

Advokasi memang bisa menjadi alat ampuh dalam mencari keadilan. Di dalam negara demokratis seperti Indonesia, masyarakat dan para wakilnya membutuhkan individu-individu yang memiliki pengetahuan, komitmen, dan kepedulian untuk mengangkat isu-isu yang ada agar keputusan yang diambil tepat sasaran. Hanya dengan menyuarakan kepedulian, baik secara perorangan maupun secara kolektif, advokat dapat memengaruhi keputusan-keputusan yang menyangkut nasib warga di suatu negara.

Advokasi adalah membangun organisasi-organisasi demokratis yang kuat untuk membuat para penguasa bertanggung jawab menyangkut peningkatan keterampilan serta pengertian rakyat tentang bagaimana kekuasaan itu bekerja. Advokasi adalah usaha sistematis dan terorganisasi untuk memengaruhi dan mendesakkan terjadinya perubahan dalam kebijakan publik secara bertahap-maju (incremental).

Baca juga:  Arti, Bentuk, dan Dampak Eksploitasi
author
No Response

Leave a reply "Arti, Jenis, dan Fungsi Advokasi"