Arti Konsisten dan Cara Melatih Konsistensi

konsistensi - www.jungjawa.com

Dalam mengerjakan suatu pekerjaan, kita sering dituntut bertindak konsisten. Dengan konsistensi, diyakini segala pekerjaan yang sedang dilakukan akan membuahkan hasil yang maksimal. Namun tahukah Anda, apa arti sebenarnya dari “konsisten”?

Menurut Kamus Besar , konsisten bisa diartikan sebagai tetap atau tidak berubah-ubah, taat asas, ajek. Selain itu, konsisten juga bisa bermakna selaras atau sesuai. kalimatnya, “perbuatan hendaknya harus konsisten dengan ucapan”.

konsistensi - www.jungjawa.com
konsistensi – www.jungjawa.com

 

Sikap konsisten atau konsistensi memang sangat baik diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tak banyak orang yang bisa mengaplikasikan sikap konsisten dalam kehidupannya, salah satunya karena manusia yang mudah berubah-ubah.

Sebenarnya, ada beberapa cara mudah untuk menimbulkan yang konsisten. Pertama, bersikap realistis. Untuk bisa konsisten, memang dibutuhkan waktu berlatih mengembangkan sikap ini. Jadi, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah jangan membuat rencana untuk menjadi konsisten dalam semua hal. Jika Anda melakukan hal ini, malah akan membebani Anda di kemudian harinya.

Selain itu, Anda tidak harus konsisten seratus persen setiap saat. Jadi, tidak apa-apa jika Anda melakukan kesalahan dan kadang-kadang lalai membangun kebiasaan agar bisa konsisten.

Langkah kedua, bangunlah tekad. Pasalnya, Anda tidak bisa memiliki konsistensi tanpa membangun tekad. Salah satu caranya adalah menggunakan kiat-kiat yang bisa menguatkan tekad. Misalnya, jika Anda sedang berusaha konsisten menerapkan pola yang sehat, maka Anda harus menyediakan pilihan makanan yang sehat untuk berjaga-jaga jika lapar dan menghindari makanan tidak sehat.

Kemudian, hindari situasi yang membuat Anda harus menguatkan tekad agar bisa tetap konsisten. Sebagai contoh, jika Anda berniat menjaga pola makan sehat, maka sebaiknya Anda tidak usah pergi berbelanja bahan makanan usai menjalani hari yang melelahkan di tempat kerja. Anda mungkin akan lebih memilih cara yang paling cepat dan mudah, tetapi belum tentu sehat.

Langkah ketiga, sesuaikan tindakan dengan ucapan. Ingat, orang yang konsisten tidak mengatakan A ketika akan melakukan B. Selain itu, hindari kebiasaan mengatakan bahwa Anda tidak bisa melakukannya. Tidak perlu malu untuk mengakui bahwa Anda belum tahu cara melakukan sesuatu. Namun dengan giat berlatih, suatu saat Anda pasti bisa melakukannya.

Baca juga:  Abstrak, Arti dan Penggunaannya