Arti Syukron dan Ucapan untuk Membalasnya

No comment 19824 views

Seiring dengan meledaknya novel dan Ayat-Ayat Cinta beberapa tahun lalu, kata atau dalam Arab kini semakin sering kita dengarkan. Salah satu kata dalam Arab yang sering diucapkan seseorang adalah “syukron”. Namun tahukah Anda, apa arti “syukron” ini sebenarnya?

syukron - www.names.org

syukron - www.names.org

 

Jika dialihbahasakan ke dalam bahasa , syukron dapat diartikan sebagai terima kasih. Kata ini biasa diucapkan ketika seseorang menerima pemberian hadiah, sanjungan, pujian, atau hal-hal yang membuat dirinya bahagia dari orang lain.

Dalam budaya umum, ucapan terima kasih bisa dibalas dengan “sama-sama” atau “terima kasih kembali”. Lalu, bagaimana halnya dengan syukron? Ketika mendapat ucapan syukron, kita malah dianjurkan untuk membalas dengan ucapan “afwan”. Lho, bukannya “afwan” itu berarti “maaf” atau maaf saya hanya bisa berbuat demikian?

Memang, afwan bisa diartikan sebagai maaf dan terkesan tidak pas jika diucapkan untuk membalas kata syukron. Namun menurut para ulama, ucapan afwan ini juga tidak ada salahnya karena ini termasuk kategori muamalah atau hubungan . Jadi, pengucapan afwan ini dimaksudkan sebagai tanda rendah hati seseorang yang telah berbuat sesuatu yang lantas mendapat ucapan syukron.

Selain afwan, Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan untuk mengucapkan terima kasih dan doa atau Jazakallahu khairan katsiraa. Ada satu hadis yang menjelaskan sunnah Nabi SAW tentang Jazakallahu khairan katsiraa ini, dari Usamah bin Zaid r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang diberikan satu perbuatan kebaikan kepadanya lalu dia membalasnya dengan mengatakan Jazaakallahu khair (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh hal itu telah mencukupi dalam menyatakan rasa syukurnya.” (HR. Tirmidzi, Nasa'i, Ibnu Hibban, dan Al-Bazzar).

Ada ketentuan dalam mengucapkan Jazakallah ini, yaitu:

  • Jazakallahu khairan (untuk disampaikan kepada laki-laki).
  • Jazakillahu khairan (untuk perempuan).
  • Jazakumullahu khairan (untuk orang banyak/kamu sekalian).

Jadi kesimpulannya, ketika kita mendapat ucapan syukron dari seseorang, kita bisa membalasnya dengan ucapan afwan yang berarti maaf saya hanya bisa berbuat demikian, tidak bisa lebih yang bermakna rendah hati. Selain itu, kita juga bisa membalas dengan ucapan Jazakallahu khairan yang berarti semoga Allah membalas kebaikanmu.

Baca juga:  Definisi dan Penggunaan Kata “Elegi”
author
No Response

Leave a reply "Arti Syukron dan Ucapan untuk Membalasnya"