Arti Torsi dalam Konsep Fisika dan Mesin Kendaraan

Ketika membaca tentang kendaraan bermotor, baik itu sepeda motor atau mobil, Anda tentunya sudah tidak asing dengan torsi. Torsi sering disematkan di data suatu kendaraan untuk menggambarkan performa yang mampu dihasilkan tersebut, selain daya atau tenaga kuda. Namun, tahukah Anda, apa torsi yang sebenarnya?

Torsi - suzurantokioirjaf.blogspot.com

Torsi - suzurantokioirjaf.blogspot.com

 

Dalam fisika, konsep torsi dapat diartikan sebagai suatu momen, diawali dari kerja Archimedes dalam lever. Torsi sama dengan gaya pada gerak translasi. Torsi menunjukkan kemampuan sebuah gaya untuk membuat benda melakukan gerak rotasi. Sebuah benda akan berotasi bila dikenai torsi. Secara singkat, torsi adalah besaran yang menyebabkan benda bergerak melingkar.

Perhatikan pada sebuah pintu, coba bandingkan apabila kita mendorong pintu pada ujung pintu dengan kita mendorong pada bagian tengah pintu. Mana yang lebih mudah untuk membuka pintu? Kita akan merasakan gaya yang diperlukan untuk mendorong pintu agar terbuka akan lebih ringan apabila dilakukan dengan mendorong dari ujung pintu. Ini karena, ketika makin jauh dari engsel, torsi akan makin besar.

Di dalam mesin kendaraan, torsi adalah salah satu hal yang sangat berpengaruh pada performa mesin, selain tenaga. Torsi adalah kemampuan mesin untuk menggerakkan mobil dari kondisi diam hingga bisa berjalan. Secara garis besar, torsi lebih berpengaruh pada akselerasi sebuah kendaraan. Jadi, jika Anda merasa tersentak ketika mobil mulai berjalan, itu diakibatkan besarnya angka torsi pada mobil tersebut.

Sementara, power atau tenaga adalah kemampuan seberapa cepat kendaraan dapat mencapai kecepatan tertentu. Jadi, power lebih berpengaruh ke kecepatan suatu kendaran. Pengukuran torsi dan juga power pada kendaraan ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat bernama dynamometer atau mesin dyno.

Mesin dyno ini memiliki berbagai macam sistem. Sistem engine dyno biasanya digunakan di pabrik kendaraan sebagai pengukur performa mesin sebelum dipasang pada bodi kendaraan. Sistem lain adalah chassis dyno, dengan nilai torsi dan tenaga didapat dari tes roda mobil yang memutar mesin dyno. Tes ini biasa dilakukan di bengkel, pada mesin yang telah berada di dalam body mobil. Mesin dyno hanya bisa digunakan untuk mengukur besarnya torsi dalam Newton meter (Nm). Nilai power baru diketahui setelah besar torsi terukur.

Baca juga:  Arti, Bentuk, dan Dampak Eksploitasi
author
No Response

Leave a reply "Arti Torsi dalam Konsep Fisika dan Mesin Kendaraan"