Asal Mula ‘Terapi Tertawa’ dan Kegunaannya

Tertawa, tak hanya melatih otot tapi juga merangsang pelepasan hormon penghilang yang biasa disebut ‘Endorfin’. Faktanya, tubuh tak bisa membedakan mana tawa yang asli dan tawa palsu, sehingga hormon tersebut akan tetap terlepas sekalipun Anda hanya melakukannya secara dibuat-buat. Hal inilah yang kemudian mendasari lahirnya ‘ Tertawa’.terapi-tertawa

Apa itu ‘Terapi Tertawa’?

Terapi Tertawa adalah sebuah kegiatan yang merangsang Anda untuk tertawa dengan lebih mudah. Kegiatan ini dapat dilakukan secara individu maupun berkelompok, yang diawali dengan sesi pemanasan untuk membuat Anda tertawa. Ketika Anda tertawa, maka tubuh akan merilis hormon Endorfin yang akan menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah.

Dari mana asal mulanya ?

Efek terapi tawa telah diuji secara klinis sejak tahun 70-an, namun terapi ini baru populer pada tahun 1995 setelah Dr Madan Kataria mengembangkan terapi Yoga tawa di Mumbai, India serta mendirikan klub tawa pertamanya di tahun tersebut. Hingga kini, telah ada sekitar 5.000 klub terapi tawa di seluruh .

Adalah Dr Lee Berk dari Loma University Medical Centre, California, yang pertama kali melakukan uji coba terapi tawa di akhir dekade 1970-an. Hingga pada 1989, Berk mengujicobakan  efek tawa pada 10 laki-laki sehat. Lima diantaranya disuguhi pertunjukan komedi selama 1 jam, sedang sisanya tidak.  Hasil yang didapat dari pengambilan sampel darah kesepuluh pria tersebut menyebutkan bahwa kadar hormon kortisol (hormon stres) pada kelima pria yang tak menonton pertunjukan komedi cenderung lebih tinggi daripada pada mereka yang menontonnya. Berk juga menunjukkan bahwa sel imunitas seseorang cenderung lebih responsif setelah Ia tertawa. Sel-sel tersebut juga dapat menurun Kinerjanya ketika tubuh menderita stres dalam jangka panjang.  

Para peneliti di University of Michigan juga telah menghitung bahwa hanya dengan tertawa selama 20 detik dapat meningkatkan kesehatan paru-paru seperti ketika seseorang mendayung perahu selama 3 menit .

Hasil apa yang bisa didapatkan dari Terapi ini?

Sebuah sesi terapi tawa dapat membuat Anda merasa gembira dan kelelahan dalam kadar yang berimbang. Otot dan kardiovaskular Anda akan meningkat, sehingga kadar oksigen dalam darah semakin tinggi. Dalam jangka panjang, terapi tawa dapat memperbaiki suasana hati Anda dengan menekan amarah, stres, atau kecemasan.

Sayangnya, tak semua orang boleh melakukan terapi ini dengan sebebas-bebasnya. Orang-orang yang baru saja menjalani operasi atau tindakan pembedahan disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan pakar kesehatan jika ingin mengikuti terapi ini. Begitu juga dengan penderita glaukoma, hernia, wasir, atau wanita hamil yang disarankan untuk menunda sesi terapi tawa hingga kondisi tubuhnya memungkinkan.

Baca juga:  Definisi dan Cara Menghitung Biaya Peluang
author
No Response

Leave a reply "Asal Mula ‘Terapi Tertawa’ dan Kegunaannya"