Bacaan Buka Puasa Ramadhan

No comment 506 views

Bulan merupakan bulan yang selalu dirindukan umat . Bulan yang penuh dengan keutamaan dan kemuliaan. Di bulan ini amalan ibadah kita akan dilipatgandakan, menjadikan bulan ini bulan yang penuh berkah bagi setiap yang beriman. Di bulan ini juga dilaksanakan ibadah puasa yang dapat mensucikan diri kita dari dosa-dosa dan melatih kita memerangi hawa nafsu.

Puasa merupakan wadah pembinaan bagi umat muslim untuk membina diri. Masing-masing muslim harus mengerjakan amal perbuatan yang dapat meninggikan derajat, memperbaiki jiwa, memotivasi untuk melakukan hal-hal yang terpuji dan menjauhkan diri dari hal-hal yang bisa merusak. Juga memperkuat kemauan, memperbaiki fisik, menyembuhkan penyakit, meluruskan kehendak, serta mendekatkan seorang hamba kepada Rabb-nya. Berbagai dosa dan kesalahan akan diampuni, berbagai kebaikan akan semakin bertambah, dan kedudukan pun akan semakin tinggi.

bukapuasa-dimadinah

Allah SWT mewajibkan bagi kaum muslimin agar melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Di Bulan Ramadhan Al Qur-an pertama kali diwahyukan. Bulan Ramadhan juga merupakan bulan yang melatih ketaatan, kebajikan, kebaikan, pendekatan diri, sekaligus sebagai bulan yang penuh pengampunan, rahmat dan keridhaan. Di bulan ini di malam-malam tertentu terdapat malam Lailatul Qadar, malam yang jika kita beribadah maka nilai pahalanya lebih baik daripada beribadah seribu bulan di bulan yang lain.

Baca juga:  Sambel Penyet Mak Yeye, Menu Makan Malam Pedas Pilihan di Surabaya

Setelah mendengar adzan maghrib tanda waktunya berbuka puasa, hendaknya kita juga menjawabnya dengan bacaan shalawat ini,

اَللهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Artinya :
Wahai Allah Tuhan pemilik seruan yang sempurna ini dan shalat yang didirikan, karuniakanlah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kedudukan yang terpuji sebagaimana janji-Mu, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai Dzat Yang Maha Penyayang.

Segala amal perbuatan tergantung dari niatnya. Niat yang baik disertai dengan ikhtiar dan tawakal, InsyaAllah segala yang diniatkan akan segera terwujud. Sebelum menjalankan puasa haruslah dulu diawali dengan membaca niat. Apa sesuatu yang di kerjakan tanpa ada niat. Dengan adanya niat segala hal yang akan kita lakukant akan berjalan lebih mudah dan sesuai dengan keinginan, jadi niat merupakan awal dari segala sesuatu yang akan mengawali apa yang akan kita lakukan. Apabila kita berniat melakukan ibadah puasa di bulan ramadhan degan tulus ikhlas, maka insya Allah puasa yang kita jalankan akan berjalan dengan lancar sesuai dengan niat yang sudah kita lakukan sebelum menunaikan ibadah puasa.

Baca juga:  Keunggulan Militer Indonesia yang Membuat Negara Lain Ngeri

Doa Berbuka Puasa

اللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْت بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

"Allahummalakashumtu wabika aamantu wa'alarizqika afthortu birohmatikaya ar-hamarrahimin"

Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rizki-Mu aku berbuka, Maha besar Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang.

Doa untuk buka puasa sama dengan doa waktu seperti biasanya, yaitu:

Doa Sebelum Makan

الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
"Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa waqinaa adzaa ban-naar"

Yaa Allah, berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa neraka.

Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
"Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja'alanaa minal muslimiin"

Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami seorang muslim.

Semoga artikel " Bacaan Buka Puasa Ramadhan" bisa menambah wawasan anda dan bermanfaat untuk meningkatkan kesempurnaan dalam menjalankan ibadah puasa di bulan yang penuh dengan keberkahan dan hikmah ini Amin. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Baca juga:  Bandar Udara Ternate
author
No Response

Leave a reply "Bacaan Buka Puasa Ramadhan"