Bandara Luwuk (Syukuran Aminuddin Amir), Bandara Kelas II di Sulawesi Tengah

Seiring dengan perkembangan zaman, wilayah di bagian tengah dan timur kini juga semakin maju. Hal tersebut dibuktikan dengan keberadaan berbagai publik untuk melayani kebutuhan perekonomian . Dan, salah satu publik yang mulai marak dibangun di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur adalah atau pelabuhan udara.

bandara luwuk - www.indoplaces.com

bandara luwuk - www.indoplaces.com

 

Bandara di Indonesia bagian timur kini memang sudah banyak ditemukan, salah satunya Bandara Syukuran Aminuddin Amir. Bandara ini berada di Desa Bubung, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Karena berada di Kecamatan Luwuk, pelabuhan udara ini juga populer dengan sebutan Bandara Luwuk dan berada sekitar 13 km dari pusat kota Luwuk.

Jika ditelusuri ke belakang, Bandara Luwuk sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 1972. Saat itu, Kabupaten Banggai membangun bandara atas rekomendasi Kodam Wilayah VII Wirabuana yang berkedudukan di Sulawesi Utara. Pada masa awal, bandara ini memiliki landasan 850 m x 30 m dan apron 50 m x 40 m serta fasilitas komunikasi yang tergolong sederhana.

Bandara ini diresmikan oleh Bupati Banggai saat itu, Drs. Azis Larekeng, dan diberi nama Bubung (sesuai nama desa tempat bandara ini berada) yang berarti sumur. Saat itu, pesawat yang pertama kali mendarat di bandara ini adalah pesawat tipe twin-other dari maskapai penerbangan Merpati Nusantara Airlines.

Bandara ini sendiri terletak sejajar dengan garis pantai Selat Peling dan persis berada di atas bukit alas dengan ketinggian 17 meter dari permukaan air laut. Sementara untuk koordinat, berada di koordinat 122” 46’ 13” bujur timur dan 1” 02’ 16” lintang selatan dengan arah landasan pacu 04-22 yang berarti berada di 40” bujur timur dan 220” lintang selatan.

Pada tahun 2008, nama bandara ini berganti menjadi Bandara Syukuran Aminuddin Amir yang dipetik dari nama Raja Banggai yang terakhir. Di samping itu, landasan pacu juga ditambah menjadi 1.950 m x 44 m dan sudah mampu didarati pesawat sejenis Boeing 737.

Berkat upgrade pada tahun 2012 dengan kucuran dana APBN sebesar Rp50,5 miliar, Bandara Luwuk pun ditetapkan sebagai bandara kelas II. Beberapa maskapai penerbangan yang beroperasi di bandara ini di antaranya Express Air tujuan Manado dan Palu; Sriwijaya Air tujuan Makassar, Jakarta, dan Surabaya; Wings Air tujuan Manado, Palu, dan Makassar; Garuda Indonesia tujuan Makassar, Jakarta, dan Surabaya; serta Lion Air tujuan Makassar.

Baca juga:  13 Cara Orang Tua Agar Anak Meraih Kesuksesan
author
No Response

Leave a reply "Bandara Luwuk (Syukuran Aminuddin Amir), Bandara Kelas II di Sulawesi Tengah"