Bingung Check-In di Bandara? Begini Caranya!

Bagi sebagian orang, bepergian dengan terbang merupakan hal yang sudah sangat biasa. Namun bagi sebagian yang lain, mungkin menjadi pengalaman pertama. Pengalaman pertama ini akan menimbulkan berbagai pikiran, mulai cara memesan tiket pesawat, apa saja yang dibutuhkan ketika check-in di , bagaimana menitipkan bagasi, dan lain sebagainya.

check in bandara -

check in bandara -

Untuk memesan tiket pesawat, Anda bisa saja melakukannya langsung di loket maskapai yang tersedia di bandara atau melalui agen-agen perjalanan. Di samping itu, saat ini tiket pesawat juga bisa dipesan secara online melalui situs resmi maskapai yang bersangkutan atau situs-situs traveling yang kini sudah banyak beredar di maya.

Lalu, bagaimana dengan melakukan check-in di bandara? Check-in sendiri merupakan prosedur resmi ketika pihak maskapai mencatat setiap penumpang yang datang dalam data manifes penerbangan. Untuk check-in, Anda bisa mencari loket check-in di bandara yang sesuai dengan nama maskapai penerbangan yang Anda gunakan, lalu antre dengan tertib.

Ketika melakukan check-in, Anda biasanya akan dimintai tiket atau print out tiket elektronik. Anda juga akan dimintai tanda bukti identitas yang masih berlaku, seperti KTP atau paspor bagi yang akan terbang ke luar negeri. Barang yang Anda bawa juga akan ditimbang sebelum masuk bagasi. Di sini, Anda harus siap-siap membayar biaya lebih jika ternyata barang bawaan Anda melebihi kuota yang ditetapkan maskapai.

Dalam proses check-in ini, Anda akan diberi boarding pass sebagai tanda masuk ke dalam pesawat dan nomor tempat duduk. Sesudah itu, Anda akan diminta membayar airport tax sesuai tarif yang berlaku di bandara tersebut. Beberapa maskapai memang tidak memberlakukan ini karena airport tax tersebut sudah dilebur dengan harga tiket. Namun belakangan, pihak Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN sepakat untuk menggabungkan biaya airport tax ini dengan harga tiket pesawat.

Setelah tahap check-in selesai, perhatikan boarding pass yang Anda dapatkan. Di sana, tertera petunjuk ruang dan gate tempat Anda harus menunggu pesawat. Perhatikan juga jam boarding dan jam terbang pesawat. Jika sudah, Anda bisa menunggu pesawat di ruang boarding yang telah ditentukan.

Sebelumnya, perlu diperhatikan bahwa sebaiknya Anda datang dua jam lebih awal sebelum keberangkatan pesawat untuk mengurangi risiko ketinggalan pesawat. Saat masuk ke bandara untuk melakukan check-in, Anda bakal melewati metal detector dan diminta melepas semua logam yang ada di tubuh, termasuk arloji, ponsel, dan lainnya.

Baca juga:  Anak Laki-Laki Berumur 11 Tahun ‘Menyulap’ Boneka Beruang Menjadi Mata-mata
author
No Response

Leave a reply "Bingung Check-In di Bandara? Begini Caranya!"