Definisi dan Ciri Khas “Sinergi”

No comment 677 views

Dalam banyak berita, baik di media cetak, televisi, maupun internet, kita tentu sering mendengar “sinergi”. ini biasanya digunakan dalam berita-berita ekonomi, , hingga politik. “Sinergi” juga sering kita dengar terlontar dari momen-momen kelompok, seperti training and motivation, coaching and counseling, bahkan dalam sesi meeting. Namun tahukah Anda, apa arti sebenarnya dari “sinergi”?

sinergi - www.hetanews.com

sinergi - www.hetanews.com

 

Menurut Kamus Besar Bahasa , “sinergi” bisa didefinisikan sebagai kegiatan atau operasi gabungan. Sinergi juga bisa dimaknai sebagai bentuk kerjasama yang dihasilkan melalui kolaborasi masing-masing pihak tanpa adanya perasaan kalah. Merujuk pada tersebut, ciri khas sinergi adalah keragaman atau perbedaan, bukan keseragaman.

Karena bermodal dari keragaman atau perbedaan, maka sinergi adalah saling mengisi dan melengkapi perbedaan untuk mencapai hasil yang lebih besar daripada jumlah per bagian. Konsep bersinergi di antaranya berorientasi pada hasil dan positif, perspektif beragam mengganti atau melengkapi paradigma, saling kerjasama dan tujuan sama serta adanya kesepakatan, dan diusahakan seefektif mungkin serta merupakan suatu .

Bersinergi juga berarti saling menghargai perbedaan ide, pendapat, dan bersedia saling berbagi. Dengan demikian, bersinergi tidak mementingkan diri sendiri, namun berpikir menang-menang dan tidak ada pihak yang dirugikan atau merasa dirugikan. Pada akhirnya, bersinergi bertujuan memadukan bagian-bagian yang terpisah.

Karena merupakan suatu proses, sinergi tidak bisa dilakukan secara instan. Semua pihak yang bersinergi membutuhkan waktu dan juga konsistensi. Untuk mencapai sinergi, ada beberapa hal yang bisa ditempuh, antara lain:

  • Berbuatlah kepada orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan oleh orang lain.
  • Jangan menilai buruk terhadap pihak lain.
  • Jangan memberikan janji yang Anda tak yakin bisa menepatinya.
  • Jangan mengecewakan harapan orang lain.

Meski menyatukan perbedaan yang ada, sinergi berbeda dengan kompromi. Kompromi adalah model dalam mencari jalan keluar dengan masing-masing pihak menurunkan egonya. Meski sama-sama menang dan tidak ada yang kalah, namun harga tawarnya menjadi berkurang. Sementara, sinergi lebih membicarakan jalan keluar yang baik bagi semua pihak tanpa merugikan harga.

Baca juga:  Definisi dan Klasifikasi Biaya
author
No Response

Leave a reply "Definisi dan Ciri Khas “Sinergi”"