Definisi dan Isi Tiket

No comment 691 views

Ketika kita menggunakan moda transportasi massa, baik bus, kereta api, kapal laut, hingga pesawat terbang, kita pasti familiar dengan tiket. Pun demikian ketika kita akan menonton di bioskop atau pergi ke wahana . Kita juga pasti diwajibkan memiliki tiket masuk.

anyeisvania.blogspot.com

anyeisvania.blogspot.com

 

Tiket, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sering juga disebut dengan karcis. Tiket atau karcis ini bisa didefinisikan sebagai sebuah surat kecil (carik kertas khusus) sebagai tanda telah membayar ongkos dan sebagainya.

Selain itu, tiket bisa juga diartikan sebagai suatu kartu atau kertas slip yang digunakan untuk memperoleh admisi dari suatu lokasi atau event. lain, tiket adalah suatu voucher untuk menunjukkan bahwa orang telah membayar pintu masuk suatu teater, gedung bioskop, taman hiburan, kebun binatang, museum, konser, atau atraksi lain, dan juga izin untuk menumpang transportasi publik.

Tiket untuk melakukan perjalanan biasanya berisi rute, tanggal, , tempat duduk, data penumpang, dan perusahaan yang mengeluarkan tiket tersebut. Sementara, tiket untuk masuk ke suatu pertunjukan biasanya berisi , tanggal, kursi (pada tiket tontonan semisal bioskop dan olahraga), tontonan atau wahana, dan label perusahaan atau institusi yang mengeluarkan tiket.

Suatu tiket bisa dibeli pada loket tertentu atau counter, yang juga bisa disebut dengan tempat penjualan karcis. Pengecekan keabsahan tiket mungkin dilakukan di loket tersebut, atau bisa di tempat terpisah.

Tiket Elektronik

Baca juga:  Arti Hibernasi dalam Berbagai Konteks

Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini tiket sudah beralih media dari kertas menjadi digital. Tiket dalam bentuk digital ini lazim disebut tiket elektronik atau e-ticket.

Tiket elektronik atau e-ticket ini biasanya digunakan untuk pesawat terbang. Di dalamnya, biasanya tercantum kode booking atau kode pemesanan, nomor , tanggal dan jam serta terminal keberangkatan, nama pemesan serta nomor tiket, juga dokumen lain termasuk invoice atau tanda bukti pembayaran.

Pemesanan e-ticket bisa dilakukan melalui agen perjalanan atau website penyedia tiket online ini. Kemudian, penyedia e-ticket mengirimkan balasan melalui email atau SMS ke nomor ponsel.

Setelah melakukan pemesanan atau reservasi, penumpang dapat langsung mencetak tiket elektronik atau cukup menunjukkan kode pemesanan atau kode batang (barcode) yang tertera pada tiket elektronik ketika berada di bandara. Hal ini memberikan kemudahan dan keamanan bagi para konsumen.

author
No Response

Leave a reply "Definisi dan Isi Tiket"