Definisi, Jenis, dan Penyebab Selingkuh

Akhir-akhir ini, hiburan ramai memperbincangkan kasus perselingkuhan yang dialami para selebritis, baik itu selebritis pria maupun . Ada banyak yang menyebabkan para selebritis ini menyeleweng dari pasangannya, mulai fisik, harta, hingga ingin mencari “pengalaman” yang lain.

Selingkuh - news.okezone.com

Selingkuh - news.okezone.com

 

Selingkuh sendiri merupakan salah satu perbuatan yang tidak bisa dikatakan baik. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, selingkuh dapat diartikan sebagai suka menyembunyikan sesuatu untuk kepentingan sendiri, tidak berterus terang, tidak jujur, curang, serong. Selingkuh ternyata juga bisa didefinisikan sebagai suka korupsi, suka menggelapkan uang, atau suka menyeleweng.

Kebanyakan berpendapat bahwa selingkuh ditandai dengan adanya interaksi antara orang yang melakukan perselingkuhan. Namun sekarang, perselingkuhan ternyata tidak hanya melulu soal kontak fisik, seperti berpegangan tangan, pelukan, atau hubungan seksual. Ada juga yang berpendapat, melirik orang lain yang bukan pasangannya sudah dapat dikategorikan selingkuh.

selingkuh di zaman sekarang memang tidak hanya dengan bertatap muka atau bertemu. Ada sebagian orang yang merasa bahwa selingkuh dapat dilakukan melalui berbagai media, seperti media jejaring sosial atau aplikasi pesan singkat yang sifatnya lebih pribadi.

Menurut Psikolog Anna Surti Ariani, perselingkuhan bisa dikatakan memiliki makna sebagai bentuk ketidaksetiaan pada pasangan dan memiliki ketertarikan kepada orang lain yang bisa tercipta dalam berbagai macam bentuk mulai dari yang ringan, sekadar lirik-lirikan sampai yang berat seperti berhubungan intim.

“Ada juga beberapa jenis perselingkuhan, seperti cinta lokasi atau hanya ingin meraih kenikmatan seksual, tetapi tidak ada perasaan apa-apa,” jelas wanita yang praktik di Klinik Terpadu Fakultas Psikologi Universitas Indonesia itu. “Memang, semata-mata hanya ingin mendapatkan kepuasan saja.”

Penyebab perselingkuhan sendiri bermacam-macam. Lebih dari 80 persen pria mengaku berselingkuh bukan dengan wanita yang lebih menarik secara fisik dibandingkan istrinya. Alasan utama pria berselingkuh adalah bukan karena ingin berhubungan seksual dengan wanita yang bertubuh seksi, melainkan lebih karena hilangnya kedekatan emosional dengan sang istri.

Sementara, pada wanita, perselingkuhan sering bermula dari perasaan sendiri, tidak bahagia, dan merasa diabaikan oleh pasangan mereka. Bagi wanita, perselingkuhan umumnya menjadi peralihan sebelum mengakhiri pernikahan. Sebagian wanita ingin mengakhiri pernikahannya, tapi belum berani melakukannya, sehingga menempuh perselingkuhan sebagai cara transisi.  Dalam masa-masa ini, selingkuh dianggap sebagai jalan keluar yang dapat menenangkan dirinya.

Baca juga:  Puluhan Pengunjung Bentuk ‘Rantai Manusia’ Demi Selamatkan Anak yang Tenggelam di Pantai
author
No Response

Leave a reply "Definisi, Jenis, dan Penyebab Selingkuh"