Definisi Muamalah, Secara Bahasa dan Istilah

Muamalah, mungkin istilah ini sudah sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Namun sayangnya, banyak dari kita yang belum memahami sebenarnya dari muamalah tersebut. Berikut kami paparkan sedikit uraian tentang muamalah dan tujuannya dalam kehidupan sehari-hari.

muamalah - jokosaputroblog.blogspot.com

muamalah - jokosaputroblog.blogspot.com

 

Dari segi , kata muamalah berasal dari kata aamala, yuamilu, muamalat, yang berarti perlakuan atau tindakan terhadap orang lain, atau hubungan kepentingan. Kata-kata semacam ini merupakan kata kerja aktif yang harus memiliki dua buah pelaku, yang satu terhadap yang lain saling melakukan pekerjaan secara aktif.

Sementara berdasarkan istilah, ada beberapa pengertian muamalah yang diungkapkan para ahli. Menurut Louis Ma’luf, muamalah bisa didefinisikan sebagai hukum-hukum syara yang berkaitan dengan urusan dunia dan kehidupan , seperti jual beli, , dan lain sebagainya. Sementara, Rasyid Ridho mengatakan bahwa muamalah adalah tukar-menukar sesuatu atau barang dengan aturan yang telah ditentukan sebelumnya.

Idris Ahmad berpendapat bahwa muamalah adalah aturan Allah yang merupakan aturan yang paling baik digunakan dalam memenuhi keperluan jasmani antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya. Adapun Ahmad Ibrahim Bek mengatakan, muamalah adalah peraturan-peraturan mengenai tiap yang berhubungan dengan urusan dunia, seperti perdagangan dan semua mengenai kebendaan, perkawinan, talak, sanksi-sanksi, peradilan dan yang berhubungan dengan manajemen perkantoran, baik umum ataupun khusus, yang telah ditetapkan dasar-dasarnya secara umum atau global dan terperinci untuk dijadikan petunjuk bagi manusia dalam bertukar manfaat di antara mereka.

Dari beberapa pengertian tersebut, kegiatan yang termasuk dalam kategori muamalah di antaranya jual beli, sewa-menyewa, pinjam-meminjam, kegiatan bercocok tanam, dan sebagainya. Muamalah dapat terlaksana tidak lepas dari hakikat manusia yang merupakan makhluk yang saling membutuhkan dan saling melengkapi satu sama lain.

Di dalam Islam, muamalah meliputi cakupan yang sangat luas. Terpenting adalah dalam masa transaksi, tidak ada unsur paksaan dari pihak manapun sehingga kedua belah pihak sama-sama mendapatkan keuntungan. Selain itu, dalam muamalah juga tidak diperbolehkan adanya unsur riba yang bisa merugikan salah satu pihak yang melakukan transaksi.

Baca juga:  Ini Cara Penulisan Nama Ilmiah Makhluk Hidup
author
No Response

Leave a reply "Definisi Muamalah, Secara Bahasa dan Istilah"