Definisi Virus Komputer

No comment 643 views

Menurut Wikipedia, definisi adalah sebuah program dalam yang dapat menyalin atau menggandakan dirinya sendiri.Virus dapat menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.

Cara kerja virus komputer hampir sama dengan virus biologis pada makhluk hidup, yaitu menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup.virus-computers1

Sebuah komputer yang terserang virus biasanya mengalami kerusakan perangkat lunak berupa hilangnya data dan kerusakan . Virus komputer memang tidak dapat merusak perangkat-perangkat keras dalam komputer, namun sebuah komputer yang terinfeksi virus komputer tentu saja adalah sebuah masalah besar yang harus dihadapi pemilik komputer, sebab keselamatan data-data di dalam komputer tentu saja akan terancam ketika komputer terserang virus.

Baca juga:  Arti Kata “Dinamis” dan Cirinya

Ada berbagai virus komputer yang sering ditemui di komputer dan data. Virus komputer dikategorikan dari cara kerjanya, yakni sebagai berikut:

  • Worm: Virus ini mampu menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu.
  • Trojan: Virus ini bekerja dengan cara mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
  • Backdoor: Cara kerja virus ini hampir sama dengan trojan. Namun,Backdoor bisanya menyerupai yang terkesan tidak mencurigakan atau identik dengan sebuah virus, misalnya berupa game.
  • Spyware: Virus ini bekerja dengan memantau komputer yang terinfeksi.
  • Rogue: Virus ini cukup menjebak dan berbahaya. Virus Rogue merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Virus Rogue juga dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.
  • Rootkit: Selain Rogue, virus ini juga cukup menjebak.Virus Rootkit bekerja dengan cara menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.
  • Polymorphic Virus: Virus ini memiliki sifat sesuai dengan namanya, yaitu seringkali berubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
  • Metamorphic Virus: Virus ini memiliki tingkat kesaktian yang cukup tinggi diantara virus komputer lainnya. Virus Metamorphic memiliki sistem kerja yang cukup kompleks, yakni kemampuan untuk mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.
  • Virus Ponsel: Virus yang satu ini adalah salah satu virus yang sedang banyak bertebaran sejak maraknya perkembangan gadget-gadget canggih di dunia.. Virus ponsel menyerang telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.
Baca juga:  Pengertian, Jenis, dan Teknik Kudeta
author
No Response

Leave a reply "Definisi Virus Komputer"