Deutsche Bank, Bank Global Jerman yang juga hadir di Indonesia

Deutsche Bank merupakan sebuah perbankan dan keuangan global asal yang berbasis di Deutsche Bank Twin Towers di Frankfurt, Hesse, . Bank ini memiliki banyak cabang di wilayah Eropa, Amerika, Asia-Pasifik, maupun pasar negara berkembang seperti halnya Indonesia.

commons.wikimedia.org

commons.wikimedia.org

 

Deutsche Bank menawarkan berbagai produk dan jasa keuangan untuk perusahaan maupun institusi, pihak swasta, maupun pemerintahan. Jasa yang ditawarkan meliputi penjualan, perdagangan, penelitian dan penurunan utang dan ekuitas; merger dan akuisisi (M&A); produk manajemen risiko, serta perbankan .

Mempekerjakan lebih dari 100.000 orang pegawai, Deutsche Bank membuka kantor di lebih dari 70 negara di dunia yang beberapa diantaranya merupakan pusat keuangan dunia, seperti Frankfurt, London, New York, Paris, Madrid, Amsterdam, Moskwa, Warsawa, Istanbul, Dublin, George Town, Kepulauan Cayman, Toronto, Kuala Lumpur, São Paulo, Singapore, Jakarta, Hong Kong, Tokyo, Sydney, Dubai, Riyadh, Manila, Mumbai, Bangkok, dan Belgrade.

Di Indonesia, Deutsche Bank pertama kali hadir pada tahun 1969. Bank ini memiliki cabang di Jakarta dan Surabaya dengan mempekerjakan sekitar 300 orang staf profesional.

Bagi Anda yang berencana untuk menempuh studi di Jerman, memiliki akun rekening di Deutsche Bank adalah suatu kewajiban. Seperti yang kita ketahui, salah satu syarat untuk bisa menjalankan studi di Jerman adalah memiliki bukti kemampuan finansial yang cukup. Hal ini dibuktikan dengan cara membuka blocked account khusus mahasiswa. Sebelum mengajukan visa, setiap calon mahasiswa wajib mengisi akun rekeningnya dengan dana minimal senilai 8.040 Euro (sekitar Rp 121 jutaan). Dana ini nantinya akan digunakan sebagai biaya hidup selama setahun, dan tiap mahasiswa hanya diperbolehkan mengambil dana sebanyak 670 Euro setiap bulannya.

Bagi Anda yang ingin memiliki akun rekening pribadi di Deutshe Bank, berikut step by step aturan membuat rekening di Deutsche Bank,

  • Mengisi formulir. Formulir bisa diperoleh dengan cara mengirim email ke db.student@db.com, dengan menyatakan akan membuka rekening blocked account, dan meminta formulir pembukaan rekening (bisa dalam Inggris).
  • Menyiapkan dokumen. Beberapa berkas dokumen yang harus dipersiapkan antara lain fotokopi paspor, formulir permohonan, dan paspor asli. Khusus untuk calon siswa yang berumur kurang dari 18 tahun, diminta untuk melampirkan fotokopi akte kelahiran, akte kelahiran asli, akte kelahiran terjemahan bahasa jerman, paspor orang tua/KTP orang tua beserta fotokopinya.
  • Datang ke Kedutaan. Formulir beserta berkas yang telah disiapkan sebelumnya kemudian dibawa ke kedutaan Jerman di Jakarta yang berada di jalan MH Thamrin 1 (Bundaran HI, sebelah Hotel Mandarin) ke bagian konsuler (lantai 1). Usahakan datang sepagi mungkin untuk menghindari antrian. Biaya pembuatan rekening adalah sebesar 20 Euro yang ditagihkan di luar setoran blocked account.
  • Mengirim semua dokumen. Dokumen yang telah disahkan per pos (bukan scan / email) dikirim ke Deutsche Bank (alamatnya ada pada form DB dipaling depan, untuk lebih updatenya silahkan tanyakan pada petugas kemana kalian harus mengirim dokumennya). Tunggu sekitar 1-2 minggu setelahnya, maka Anda akan menerima email dari Deutsche Bank yang berisi pemberitahuan bahwa rekening Anda telah dibukakan, nomor rekening Anda, dan beberapa informasi lainnya. Yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah mentransfer uang sejumlah 8.040 Euro tersebut melalui bank yang ada di Indonesia sebagai bukti keuangan untuk mengajukan visa. Waktu transfer uang dibatasi sekitar 3-4 hari, jika sudah transfer nanti akan dikirimkan email oleh Deutsche Bank. Dokumen ini akan menjadi salah satu syarat untuk apply visa.
Baca juga:  Paradoks, Apa Artinya?
author
No Response

Leave a reply "Deutsche Bank, Bank Global Jerman yang juga hadir di Indonesia"