Fakta-Fakta Menarik Seputar Kesultanan Ottoman (Turki)

Kesultanan Ottoman, atau Kesultanan Utsmaniyah atau Kesultanan Turki, adalah imperium lintas-benua yang didirikan oleh suku-suku Turki di bawah pimpinan Osman Bey di barat laut Anatolia pada tahun 1299. Seiring penaklukan Konstantinopel oleh Mehmed II pada tahun 1453, Utsmaniyah berubah menjadi kesultanan.

kesultanan ottoman turki - vincentandrik.wordpress.com

kesultanan ottoman turki - vincentandrik.wordpress.com

 

Sepanjang abad ke16 dan ke-17, Kesultanan Ottoman merupakan salah satu negara terkuat di . Kesultanan ini merupakan imperium multinasional dan multibahasa yang mengendalikan sebagian besar Eropa Tenggara, Barat (Kaukasus), Afrika Utara, dan juga Tanduk Afrika. Kesultanan ini juga menjadi pusat interaksi antara dunia Timur dan Barat selama lebih dari enam abad.

Namun, di balik masa kejayaannya, Kesultanan Ottoman juga memiliki sejumlah menarik yang jarang diketahui publik. Berikut beberapa menarik seputar Kesultanan Ottoman.

  • Ketika Sultan Mehmed II menaklukkan Konstantinopel, hal ini sering digambarkan sebagai balas dendam atas peristiwa Troy. Sultan Mehmed II sendiri pernah mengunjungi reruntuhan Troy pada tahun 1462 dan memuji pejuang-pejuang yang dimakamkan di sana. Pertanyaannya, apakah itu propaganda belaka, semacam pembenaran politik, atau hanya bukti partisipasi Sultan Mehmed II dalam konteks budaya yang melihat sebagai sebuah kontinum? Mungkin, ketiga jawabannya tersebut semuanya benar. Sultan Mehmed II sendiri berpengalaman dalam dan dia tahu sekaligus dikagumi oleh Alexander, Aeneas, Konstantin Agung, Caesar, dan Pompey.
  • Sultan Bayezid pernah memaksa dua orang yang bersaing di tahta Kekaisaran Romawi untuk membantunya menaklukkan kota Kristen terakhir Romawi di Anatolia. Sekitar tahun 1390, ketika Bayezid memutuskan untuk menaklukkan Anatolia, ia disebut meminta bantuan kepada Manuel II Palailogos dan John VII Palailogos untuk membantunya memimpin kontingen Romawi. Dua musuh tersebut kemudian dipaksa hidup berdampingan dalam kamp Bazeyid dan melihat sisa-sisa terakhir Kekaisaran Romawi di Asia.
  • Sultan pertama Kekaisaran Ottoman, Osman, berani menyatakan kemerdekaannya dari Kesultanan Rum di tahun 1299. Ia memimpin perang terkemuka dengan hanya bermodal 400 pasukan berkuda. Osman sendiri juga telah memiliki tanah di dekat Ankara serta Desa Sogut, dekat Nicaea (Iznik).
  • Mahkota Sultan Sulaiman I sengaja dibuat untuk menantang tiara kepausan. Kepausan sendiri memiliki mahkota tiga tingkatan yang merupakan lambang utama dari Kepausan Abad Pertengahan. Sultan Sulaiman I pun memesan mahkota dengan empat tingkatan dari Venesia untuk menggambarkan keunggulannya atas Paus. Mahkota ini memiliki ukuran yang besar, dihiasi banyak ornamen dan bulu, sehingga membuatnya sangat berat. Sultan Sulaiman I pun tidak pernah benar-benar memakai mahkota ini.
Baca juga:  Arti dan Contoh Referensi
author
No Response

Leave a reply "Fakta-Fakta Menarik Seputar Kesultanan Ottoman (Turki)"