GBU dan WUATB, Apa Artinya?

No comment 9185 views

Syahdan, ada seorang kenalan yang berulang tahun tanggal 3 Juni. Entah bagaimana, pada tanggal 6 Maret, ada satu-dua orang yang memberikan ucapan selamat kepada beliau di laman Facebook miliknya. Lalu, banyak orang yang mengikuti dengan memberikan selamat.

WUATB (wish u all the best) - www.pepe.com

WUATB (wish u all the best) - www.pepe.com

 

Sang kenalan lalu memberikan pengumuman pada lamannya dengan status, “Teman-teman, terima kasih atas ucapan selamatnya. Tetapi, hari ini bukan ulang tahun saya. Ulang tahun saya tanggal 3/6 bukan 6/3”. Namun ternyata, entah sadar atau tidak, ada orang yang membalas status itu dengan komentar, “Ulang tahun, ya? Selamat, GBU and WUATB”.

Pasti Anda sudah sering mengalami kasus yang demikian. Bukan tentang salah mengucapkan selamat hari ulang tahun, melainkan mendapatkan ucapan GBU (plus WUATB). Kedua kata ini memang sering diucapkan ketika ada seseorang yang sedang merayakan ulang tahun. Namun tahukah Anda, apa sebenarnya dari GBU?

GBU merupakan singkatan dari God Bless You, atau jika diterjemahkan dalam , kata ini bermakna Tuhan memberkatimu. Dalam perkembangannya, kata ini sedikit menjadi kontroversi, karena konon katanya merupakan tradisi umat Nasrani dalam memberkati orang lain. Karena merupakan tradisi Nasrani, ada yang berujar bahwa kaum Muslim sebaiknya tidak mengucapkan kata-kata ini ketika memberikan ucapan selamat kepada teman atau rekan sejawat.

Namun terlepas dari itu, karena merupakan singkatan, GBU juga tak menutup kemungkinan bisa berarti apa saja, tergantung konteks kalimat itu ketika digunakan. Dalam bahasa gaul yang lain, GBU juga bisa berarti “Gua Butuh Uang” atau “Gerakan Butuh Uang”.

Sementara, singkatan yang sering mengikuti GBU adalah WUATB. Singkatan ini merupakan kependekan dari Wish U All The Best, atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti berharap semua yang terbaik untukmu.

Selain GBU dan WUATB, ada beberapa singkatan atau antonim lain yang sering muncul dalam percakapan masa kini di media sosial, chatting, atau SMS. Di antaranya HBD (happy birthday), kanker (kanker kering), TMT (teman makan teman), CLBK (cinta lama bersemi kembali), Dutay (duduk santai), hingga GWS (get well soon).

Meski agak sedikit “nyeleneh”, namun penggunaan singkatan-singkatan tersebut memang memperkaya perbendaharaan kosakata. Selama komunikasi bisa terjalin dengan baik, penggunaan dan singkatan gaul ini semestinya tidak perlu dirisaukan secara berlebihan.

Baca juga:  Arti Dilema dan Cara Mengatasinya
author
No Response

Leave a reply "GBU dan WUATB, Apa Artinya?"