Gemari Chinese Food, Konsumsi Pangsit Berlebih Tingkatkan Risiko Kolesterol Tinggi

Pangsit adalah berupa daging cincang yang dibungkus lembaran tepung terigu. Setelah direbus sebentar, pangsit umumnya dihidangkan di dalam sup. Selain direbus, pangsit juga digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga seperti kerupuk. Pangsit (wonton) termasuk salah satu jenis dim sum. Kata wonton (雲呑) berasal dari nama ini dalam Kanton.

Pangsit - cookpad.com

Pangsit - cookpad.com

Dalam Bahasa Mandarin, makanan ini ditulis sebagai 餛飩 (pinyin: húntun). Di Sichuan dan Chongqing, pangsit disebut 抄手 (chāo shǒu), dan dihidangkan di dalam sup pedas berbumbu la you dan andaliman. Namun, beberapa daerah di Xiamen (Fujian) dan sekitarnya, serta Taiwan, makanan ini disebut 扁食 (biǎn shí) atau pian sit dalam Bahasa Hokkien. Di Fujian, makanan serupa namun berukuran lebih kecil disebut 扁肉燕 (pinyin: biǎn ròu yàn). Isinya campuran daging babi dan ubi jalar.

Baca juga:  Belajar Bahasa Jerman dan Jepang, Mana yang Lebih Mudah?

Di Indonesia, isi pangsit utamanya terbuat dari udang atau campuran daging ayam dan udang dengan tambahan jahe, bawang bombay, atau bawang putih yang dicincang. Bumbu untuk isi pangsit bisa berupa kecap asin, saus tiram, dan minyak wijen. Terdapat juga kulit pangsit yang terbuat  dari adonan tepung terigu, air, dan garam dapur. Adonan ditipiskan dan dipotong-potong berukuran persegi.

Selain itu, Indonesia umumnya juga mengkonsumsi kulit pangsit goreng tanpa isi. Terdapat berbagai macam makanan yang menggunakan baku pangsit tersebut, antara lain pangsit kuah, pangsit goreng, pangsit goreng kuah, mi pangsit, cwie mie dan bakso Malang.

Dilihat dari daerah asal pembuatan pangsit, umumnya makanan yang menggunakan bahan pangsit adalah jenis makanan Chinese Food. Chinese food merupakan salah satu makanan yang gemar dikonsumsi oleh masyarakat luas, termasuk Indonesia.

Baca juga:  Mengenal Dua Bandara di Bangka Belitung

“Kami melihat animo masyarakat Makassar terhadap Chinese Food sangat besar dan promo all you can eat dimsum ini hadir untuk menjadi pilihan utama bagi masyarakat Makassar yang ingin menikmati berbagai menu dimsum di Golden Asian,” ujar Tam Kim Tiong, Executive Chef Chinese Food Four Points by Sheraton Makassar dalam acara promo food and beverage terbaru di bulan Mei 2017 lalu.

Dalam acara tersebut, pengunjung bisa menikmati lebih dari 15 hidangan dimsum, mulai dari yang dikukus seperti siomay kukus atau bakpao isi telur asin, serta dimsum digoreng seperti kulit tahu goreng isi udang atau pangsit goreng isi udang dengan saus mayonnaise.

Baca juga:  Arti, Ukuran, dan Faktor Pendukung Produktivitas

Tak hanya dim sum, pangsit juga dapat dijadikan hidangan yang menyegarkan pada saat sahur. Sup pangsit alias wonton rebus bisa menjadi salah satu menu alternatif pilihan untuk sahur. Masakan ini cukup mudah dibuat.  Menggunakan isian daging ayam, udang, kulit pangsit tentunya mampu untuk menambah selera makan pada saat sahur.

Namun mengkonsumsi kulit pangsit dalam yang sangat banyak dianggap tidak baik untuk tubuh karena mengandung banyak lemak jika kulit pangsitnya digoreng. Kandungan gizi kulit pangsit juga terkandung dari isian pangsit itu sendiri. Jika diisi oleh seafood maka tingkat kolesterolnya cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan yang diisi oleh ayam cincang.

author
No Response

Leave a reply "Gemari Chinese Food, Konsumsi Pangsit Berlebih Tingkatkan Risiko Kolesterol Tinggi"