Honda Tiger Revo: Spesifikasi, Kelebihan, dan Kelemahan

Tiger Revo merupakan sport keluaran PT Astra Honda (AHM) yang dihadirkan untuk menggantikan posisi Honda Tiger yang pensiun pada tahun 2000. Ada beberapa perubahan minim yang dilakukan AHM pada ini, salah satunya panel yang lebih maksimal dan hampir mirip dengan kepunyaan Honda CBF 250.

honda tiger revo - 78deka.com

honda tiger revo - 78deka.com

 

Selain itu, pemasangan velg CW dan rem cakram di bagian belakang juga dinilai membuat tampilan Tiger Revo lebih kekar dibanding pendahulunya. Ini masih ditambah dengan penggantian suspensi belakang air cushion yang membuat motor ini terlihat sedikit lebih modern.

Untuk makin menambah kesan kokoh, Honda membekali Tiger Revo dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang lengan ayun pegas ganda dengan tabung oli. Sementara di sektor pengereman, terpasang rem cakram hidrolik piston ganda di roda depan dan rem cakram hidrolik piston tunggal di roda belakang.

Secara keseluruhan, Tiger Revo memiliki dimensi 2.029 x 747 x 1.093 mm dengan jarak sumbu roda 1.327 mm dan jarak ke tanah mencapai 155 mm. Motor dengan berat kosong 138 kg ini dibekali tangki bahan bakar berkapasitas 13,2 liter dan menggunakan rangka model berlian.

Untuk sektor jantung pacu, Tiger Revo masih menggendong mesin tipe 4-stroke, OHC, pendingin , berkapasitas 196,9cc. Dengan modal tersebut, motor ini diklaim mampu meletupkan tenaga hingga 16,7 PS pada putaran 8.500 rpm dan torsi puncak 1,60 kg-m pada putaran 7.000 rpm, yang disalurkan melalui sistem transmisi manual enam percepatan. Berikut teknis Tiger Revo.

Dimensi 2.029 x 747 x 1.093 mm
Jarak Sumbu Roda 1.327 mm
Jarak ke Tanah 155 mm
Berat Kosong 138 kg
Tipe Rangka Pola Berlian
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan ayun pegas ganda dengan tabung oli
Rem Depan Cakram hidrolik piston ganda
Rem Belakang Cakram hidrolik piston tunggal
Tipe Mesin 4-stroke, OHC, pendingin udara
Isi Silinder 196,9cc
Daya Maksimum 16,7 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimum 1,60 kg-m @ 7.000 rpm
Sistem Transmisi Manual, 6-speed
Sistem Starter Electric dan Kick

Meski merupakan salah satu andalan Honda, namun Tiger Revo masih memiliki beberapa kelemahan. Berikut kelemahan motor ini yang membuatnya kurang laris di pasaran.

  • Desain bodi yang nyaris tak ada perubahan berarti dibanding model Tiger sebelumnya membuat motor ini dinilai ketinggalan zaman. Bahkan, tampilan motor ini dianggap kalah keren dibandingkan motor merek lain di kelasnya.
  • Mesin yang menggunakan yang terlalu tua membuat konsistensi dan performa motor ini patut dipertanyakan.
  • Tangki bahan bakar motor juga sering bocor.
  • Desain bentuk kunci yang cenderung bengkok pada bagian penahan dalam membuat pengguna lebih kesulitan dalam membuka jok.
Baca juga:  Biaya Kuliah Terbaru di Kampus ISTN Jakarta
author
No Response

Leave a reply "Honda Tiger Revo: Spesifikasi, Kelebihan, dan Kelemahan"