Info Lengkap Jenis-jenis Penginapan

No comment 162 views

Ketika berkunjung ke suatu daerah, entah untuk tujuan berlibur maupun bisnis, untuk beberapa hari, salah satu hal yang perlu dipikirkan oleh para pelancong adalah mencari penginapan. Pasalnya, penginapan bisa menjadi tempat singgah sementara bagi para pelancong di tengah kunjungannya ke suatu daerah.

Saat ini, berbagai jenis penginapan sudah dapat kita jumpai, mulai hotel bintang lima, hostel, homestay, guest house, villa, motel, losmen, dan lainnya. Namun, ada sebagian yang belum memahami perbedaan di antara penginapan-penginapan tersebut. Berikut kami uraikan secara singkat tentang jenis-jenis penginapan.

Hotel

Ini mungkin menjadi salah satu jenis penginapan yang paling populer di kalangan traveler atau wisatawan. Hotel sendiri merupakan jenis penginapan yang menggunakan sistem pembayaran berbasis jangka pendek. Hotel memiliki fasilitas yang bervariasi, terkadang disesuaikan dengan tarif yang dipatok. Khusus hotel berbintang, biasanya sudah didukung fasilitas kelas atas, seperti ruang pertemuan, kolam renang, pusat bisnis, playground, dan lain-lain.

Hotel - www.tnktravel.com

Hotel - www.tnktravel.com

 

Resort

Ini merupakan salah satu jenis hotel yang cenderung bernuansa rekreatif, baik yang menyajikan hiburan, sarana olahraga, atau tempat berbelanja. Terkadang, resort dibangun pada tempat yang bisa dinikmati pemandangan alamnya. Karena itu, tak heran jika banyak resort yang berdiri di tempat yang memiliki potensi alam yang bagus.

Resort - www.panpacific.com

Resort - www.panpacific.com

 

Baca juga:  Makna Kata Progresif dalam Berbagai Bidang

 

Hostel

Banyak yang menganggap bahwa hostel merupakan sebuah hotel. Padahal, dari segi pelayanan, hostel sangat berbeda jauh dengan hotel. Hostel lebih mengedepankan akomodasi yang lebih sociable. Dalam sebuah hostel, satu kamar bisa digunakan secara bersama oleh beberapa orang, tak jarang bahkan mencapai 8 orang per kamar.

Selain itu, di sebuah hostel, seorang tamu biasanya hanya menyewa tempat tidur, bukan menyewa kamar. Meski, tak jarang juga ada hostel yang menyediakan kamar yang lebih privasi, dan tentunya dengan biaya sewa yang agak mahal.

Hostel - www.tripadvisor.com

Hostel - www.tripadvisor.com

 

Motel

Penginapan ini sangat jarang ditemui di , berbeda dengan di luar negeri. Motel merupakan opsi penginapan murah yang bisa dipilih oleh para pelancong backpacker. Kamar-kamar yang ada di dalam sebuah motel biasanya didesain dengan akses yang langsung ke lokasi parkir. Selain itu, motel juga biasanya terletak di pinggir jalan raya. Sayangnya, keberadaan motel saat ini sudah semakin berkurang.

Losmen

Losmen merupakan salah satu penginapan murah lainnya, selain hostel dan motel. Losmen berasal dari bahasa Perancis, yaitu logement, yang berarti penghunian. Karena bertarif murah, fasilitas yang disediakan losmen pun tergolong standar (biasanya hanya ranjang, meja, dan kipas angin). Beberapa orang juga banyak yang menyebut losmen sebagai hotel melati.

Homestay

Penginapan ini sangat cocok dijadikan rujukan bagi mereka yang bepergian bersama keluarga. Homestay juga menjadi opsi tepat bagi para pelajar yang tengah mengambil studi di luar negeri. Biasanya, pemilik homestay adalah warga lokal di lokasi tujuan. Dengan menginap di tempat ini, tamu bisa merasakan suasana seperti masyarakat sekitar.

Guest House

Guest house merupakan sejenis fasilitas akomodasi, baik milik perorangan maupun perusahaan, yang diperuntukkan khusus bagi tamu yang hendak menginap. Guest house juga dapat berupa rumah yang dikonversi untuk kepentingan tamu. Fasilitas yang akan ditawarkan di guest house sederhana saja, sebagian besar tanpa menyediakan keperluan makan dan minum tamunya. Tak jarang, guest house disebut juga dengan asrama.

Bed & Breakfast

Biasa disingkat BnB, merupakan variasi dari homestay atau guest house. Namun, selain sebagai sarana menginap, BnB juga menyediakan fasilitas tambahan berupa sarapan. Namun, sangat jarang BnB menyediakan fasilitas makanan lainnya, seperti makan siang atau makan malam. BnB biasanya dimiliki oleh sebuah keluarga kecil dan menawarkan suasana menginap tak jauh berbeda ketika berada di rumah.

Villa

Ini merupakan tempat tinggal sementara sekaligus tempat untuk liburan, yang biasanya terletak di luar daerah yang berhawa sejuk seperti di pinggiran kota, pegunungan, pantai, dsb. Villa banyak yang disewakan bagi yang ingin beristirahat tetapi tak memiliki villa pribadi. Penginapan ini banyak yang menyediakan fasilitas hiburan seperti taman bermain anak-anak, danau, taman, fasilitas olahraga dan sarana rekreasi, serta memiliki peralatan dalam villa yang lengkap layaknya rumah.

Cottage

Cottage sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh dengan villa, yaitu sebuah penginapan yang tujuan inti untuk liburan. Namun, jika villa umumnya memiliki bangunan layaknya rumah, maka arsitektur cottage lebih mengarah ke bungalow.

author
No Response

Leave a reply "Info Lengkap Jenis-jenis Penginapan"