Ini Sejarah dan Maksud Ornamen Paku Tembaga Kecil di Saku Celana Jeans

Pakaian adalah salah kebutuhan pokok . Anda tentu bisa membayangkan bagaimana jadinya jika seseorang tidak mengenakan pakaian ketika berada di tempat umum.

paku kecil celana jeans - duniakaomao.blogspot.com

paku kecil celana jeans - duniakaomao.blogspot.com

 

Dalam perkembangannya, banyak pakaian yang telah dihasilkan, salah satunya celana. Dan, salah satu celana yang paling populer di segala penjuru adalah model blue jeans.

Saking populernya celana blue jeans ini, bahkan rata-rata perempuan di Amerika memiliki tujuh pasang jeans. Namun sayangnya, tidak banyak yang tahu bagaimana sejarah blue jeans dibangun dan apa di balik celana tersebut, termasuk ornamen paku kecil di bagian kantong atau saku.

Pemasangan ornamen paku pada blue jeans diawali sekitar tahun 1872. Saat itu, seorang penjahit bernama Jacob Davis sedang memperbaiki pakaian para pekerja di San Francisco. Mereka yang datang kepada Jacob rata-rata membawa celana yang robek di bagian kantong. Akhirnya, Jacob pun menemukan solusi agar kantong celana tersebut tak mudah robek, yaitu dengan paku keling tembaga.

Dengan solusi tersebut, Jacob tahu bahwa dia memiliki ide cemerlang di tangannya. Namun ia sadar, jika hanya bermodalkan penjahit biasa-biasa saja, ia pun tak mungkin mematenkan penemuannya tersebut. Lantas, ia pun mendekati pemasok kainnya, Levi Strauss, untuk membantunya membayar paten dan mendirikan bisnis baru yang memproduksi celana dengan kantong terpaku.

Kekokohan kantong terpaku ini pun menjadi titik balik bagi laki-laki yang bekerja di San Francisco tersebut. Selain alasan praktis, melindungi kantong dari robek, fitur paku pada jeans Levi Strauss kemudian menjadi kebutuhan pokok untuk desain.

Dalam perkembangannya, celana blue jeans produksi Levi Strauss juga mengaplikasikan benang berwarna oranye di kantong belakang. Menurut rumor, ini untuk mencocokkan dengan warna paku tembaga yang telah digunakan Jacob Davis. Sayangnya, karena Levi Strauss kehilangan banyak catatan akibat gempa yang terjadi pada tahun 1906, dugaan ini hanya sebatas perkiraan.

Selain faktor fungsional, desain ornamen paku di saku belakang juga bisa memberitahu kepada konsumen atau pembeli, celana jeans apa yang bakal mereka kenakan. Dan, setiap produsen celana jeans memiliki desain mereka sendiri, misalnya Levi Strauss dengan merek dagang “arcuate” pada tahun 1943.

Baca juga:  ‘Komputer Percakapan’ Baidu Bakal Ubah Industri yang Baru
author
No Response

Leave a reply "Ini Sejarah dan Maksud Ornamen Paku Tembaga Kecil di Saku Celana Jeans"