Intensitas, Arti dan Faktor Pengaruhnya

intensitas - www.bibeh.com

Ketika sedang menjalani suatu latihan, entah itu musik, tarik, maupun latihan lainnya, kita tentu sudah akrab dengan istilah “intensitas”. Intensitas selalu dihubungkan dengan hasil latihan. Biasanya, jika intensitas latihan kita tinggi, maka hasil yang diperoleh pun bisa maksimal. Namun tahukah Anda, apa “intensitas” yang sebenarnya?

intensitas - www.bibeh.com
intensitas – www.bibeh.com

 

Kata intensitas berasal dari bahasa , yaitu intense, yang berarti semangat, giat. Menurut Kamus Besar Bahasa , intensitas bisa diartikan sebagai keadaan tingkatan atau ukuran intensnya. Secara lebih luas, intensitas dimaknai sebagai kebulatan tenaga yang dikerahkan untuk suatu usaha. Jadi, intensitas merupakan usaha yang dilakukan oleh seseorang dengan penuh semangat untuk mencapai tujuan tertentu.

Intensitas sangat erat kaitannya dengan motivasi. Untuk mencapai terjadinya intensitas yang tinggi dalam latihan  misalnya, diperlukan juga motivasi latihan yang besar dari orang yang bersangkutan. Jika motivasi untuk latihan minim, maka intensitas latihan pun juga sangat sedikit. Efeknya, hasil yang dicapai tidak akan maksimal.

Intensitas merupakan realitas dari motivasi dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan yaitu peningkatan prestasi. Sebab, seseorang melakukan usaha dengan penuh semangat karena adanya motivasi sebagai pendorong pencapaian prestasi.

-faktor yang memengaruhi intensitas seseorang dalam melakukan kegiatan (berlatih atau belajar), di antaranya:

  • Adanya keterkaitan dengan realitas kehidupan.
  • Pertimbangan minat pribadi orang yang bersangkutan.
  • Kepercayaan kepada orang yang bersangkutan untuk belajar (berlatih) sendiri.
  • Materi yang diajarkan harus bersifat praktis.
  • Adanya peran serta dan keterlibatan orang yang bersangkutan dalam latihan atau pembelajaran yang sedang dijalaninya.

Di dalam , intensitas belajar siswa bisa dilihat dari beberapa indikator, yaitu:

  • Motivasi, yang dibedakan menjadi motivasi intrinsik (dari dalam individu) dan motivasi ekstrinsik (dari luar individu).
  • Durasi kegiatan, yaitu berapa lamanya kemampuan penggunaan waktu untuk melakukan kegiatan.
  • Frekuensi kegiatan, yaitu seringnya kegiatan itu dilaksanakan dalam periode waktu tertentu. Misalnya dengan seringnya siswa melakukan belajar, baik di sekolah maupun di luar sekolah.
  • Presentasi atau gairah dan harapan yang ingin dicapai.
  • Minat, yaitu rasa lebih dari suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas tanpa ada yang memerintah atau menyuruh.
Baca juga:  Definisi dan Aplikasi Relevansi