Kecepatan Akses Internet IndiHome Turun? Pahami dulu Aturan FUP-nya

Sejak diberlakukannya FUP oleh Telkom Indonesia per tanggal 1 Februari 2016 lalu, banyak pelanggan IndiHome yang merasa keberatan atas keputusan tersebut. Beberapa pelanggan yang merasa dirugikan bahkan sempat membuat petisi di media sosial Change.org. Sebelum membahas ribut-ribut masalah FUP Indihome, mari kita pahami dulu apa itu FUP.

indihome - www.lensaindonesia.com

indihome - www.lensaindonesia.com

 

FUP atau Fair Usage Policy adalah batas pemakaian wajar dari suatu data berupa paket internet. Batas pemakaian ini sering juga disebut Kuota FUP dan telah diberlakukan oleh beberapa provider seluler yang menyediakan layanan paket internet ‘unlimited’ seperti Smartfren dan XL axiata. Setelah kuota FUP tercapai, biasanya kecepatan akses akan diturunkan beberapa persen (%) dari kecepatan awalnya untuk mencegah akibat-akibat yang tidak diinginkan.

FUP oleh ini sebenarnya telah diuji cobakan pada akhir tahun 2015 lalu. FUP untuk layanan IndiHome hanya berlaku untuk pelanggan yang memilih layanan internet dengan kecepatan akses mulai 10 Mbps dan paket-paket di atasnya. Beruntungnya, penggunaan layanan UseeTV maupun akses video di laman dengan server lokal tidak akan mempengaruhi FUP, yang artinya tidak akan dihitung sebagai bagian dari Kuota FUP.

Dikatakan oleh VP Consumer Marketing and Sales Telkom, Jemy Confido, pemberlakuan FUP merupakan upaya Telkom untuk melindungi normal user dari pemakaian internet berlebihan yang dilakukan oleh heavy user. Normal user dengan pilihan paket IndiHome 10 Mbps normalnya menggunakan internet sebanyak 300GB per bulan. Sedangkan heavy user mampu menghabiskan layanan paket data hingga 10.000 GB per bulan. Keberadaan satu pelanggan heavy user berpotensi mengganggu 7 (tujuh) normal user ketika trafik masuk ke ‘International Internet Gateway’.  

Jika telah mencapai kuota FUP, kecepatan akses pelanggan akan diturunkan secara otomatis. Sebagai , pelanggan dengan paket data akses 10 Mbps yang telah mencapai FUP 1 di 300 GB kecepatan aksesnya akan diturunkan 25% menjadi 7,5 Mbps. Lalu, setelah mencapai FUP 2 di 400 GB akan kembali diturunkan 40% menjadi 3 Mbps, dan seterusnya.

Menurut data Telkom, 99% pelanggan IndiHome adalah pengguna rumah tangga yang tidak terlalu terpengaruh dengan pemberlakuan FUP. Dibandingkan dengan Malaysia yang mematok FUP di 90 GB, FUP IndiHome di 300 GB dianggap masih tergolong tinggi. Untuk itu, pelanggan yang tidak melakukan resell (penjualan kembali) pada akses internetnya juga tak perlu terlalu khawatir.

Untuk mengetahui sejauh mana volume pemakaian (usage) internet di rumah Anda, silakan kunjungi situs www.indihome.co.id . Caranya, cukup masuk ke menu “Usage Info”. Anda akan diminta untuk mengisikan informasi nomor telepon rumah, nomor internet IndiHome, email, dan nomor ponsel untuk proses verifikasi.

Baca juga:  Viral, Video Ekstraksi Filler di Bibir Tidak Seseram Yang Dibayangkan
author
No Response

Leave a reply "Kecepatan Akses Internet IndiHome Turun? Pahami dulu Aturan FUP-nya"