Kegunaan dan Harga Tali Prusik

No comment 822 views

Jika Anda penggemar outdoor semacam panjat tebing atau mendaki gunung, Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan tali prusik. Tak cuma sebagai penambah kesan keren sebagai pendaki gunung, tali prusik dibutuhkan karena memiliki banyak kegunaan untuk kepentingan pendakian.

tali prusik - www.tokopedia.com

tali prusik - www.tokopedia.com

 

Sesuai dengan kebutuhan dan bahannya, tali prusik memiliki beberapa , di antaranya:

  • Sebagai tali hammock, dan tali prusik yang digunakan untuk keperluan ini biasanya berbahan dasar nilon.
  • Sebagai sling runner atau penghubung antara karabiner satu dengan yang lainnya, dan tali prusik untuk kepentingan ini dibuat dari bahan dasar nilon.
  • Sebagai alat panjat ke atas yang dikaitkan di karmantel dan biasanya juga berbahan dasar nilon.
  • Sebagai pengaman yang dikaitkan di harness dan biasanya berbahan dasar nilon.
  • Untuk memeras tali karmantel, dan biasanya menggunakan bahan dasar nilon atau polyester.
  • Sebagai aksesoris (biasanya untuk gelang tangan), dan tali prusik untuk kepentingan ini biasanya menggunakan bahan dasar polyester.

Untuk memilih tali prusik yang sesuai dengan fungsi dan kekuatannya, bisa diamati dari bahan dasar pembuat tali prusik yang bersangkutan. Sesuai penjelasan sebelumnya, bahan dasar tali prusik umumnya ada dua, yaitu nilon atau polyester.

Untuk tali prusik berbahan dasar nilon, kita bisa menguji tali tersebut dengan cara membakarnya. Jika ujung tali yang dibakar menggumpal dan kelihatan rapi, maka bahan nilon yang digunakan berkualitas bagus. Selain itu, bahan nilon yang bagus juga bisa diamati pada lapisan luar yang jika diraba akan terasa halus.

Sementara untuk yang berbahan polyester, tidak cocok untuk kegiatan panjat tebing karena tidak mampu menahan beban yang berat. Biasanya, tali prusik dengan bahan polyester ini hanya digunakan sebagai aksesoris, seperti gelang tangan, kalung, tali tenda, atau tali flysheet.

Sementara untuk harganya, tali prusik bervariasi, tergantung bahan dan ukuran tali yang bersangkutan. Berikut terbaru harga tali prusik di pasaran saat ini.

Ukuran Tali Prusik Harga (Rp)
Prusik 2 mm 25.000 - 60.000
Prusik 3 mm 110.000
Prusik 4 mm 150.000
Prusik 5 mm 200.000
Prusik 6 mm 250.000
Prusik 7 mm 300.000
Prusik 8 mm 400.000
Prusik 9 mm 500.000
Baca juga:  Spesifikasi dan Harga Mesin Penggerak Honda GX390
author
No Response

Leave a reply "Kegunaan dan Harga Tali Prusik"