Kereta Api Buatan Indonesia

1 comment 1489 views

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa telah berhasil membuat lokomotif asli . Lokomotif itu diproduksi PT Industri Kereta Api (INKA) yang berada di Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur. Hak miliknya dipegang Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Namun pengoperasian dilaksanakan oleh PT KAI.

Lokomotif karya anak bangsa itu diberi nama Lokomotif CC 300. Lokomotif CC 300 adalah lokomotif diesel hidrolik yang memiliki daya mesin sampai 2.500 HP dengan maksimum sampai 120 km/jam.

Pengembangan CC 300 dimulai sejak tahun 2009 dan peresmiannya dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2013. Hari itu bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Pada awalnya Kementerian Perhubungan memesan lokomotif yang tahan bencana banjir yang harus dirancang dan pembatannya dilakukan di dalam negeri. Mengingat selama ini lokomotif yang diimpor dari Amerika dan berfungsi untuk membawa kereta penumpang dan kereta barang, masih sering mengalami mogok ketika melewati daerah banjir.

Baca juga:  Toshiba C 640

lokomotifCC300inka

Lokomotif CC 300 memiliki beberapa keunggulan diantaranya

  • Dapat menarik gerbong kereta api walaupun dalam kondisi banjir mencapai ketinggian sampai dengan satu meter
  • Dilengkapi pembangkit listrik yang salah satu fungsinya bisa digunakan membangkitkan elektronik pada kereta (seperti AC dan lampu penerangan).
  • Dilengkapi dengan Camera Monitor yang berada di bagian kiri dan kanan lokomotif. Sehingga masinis cuma perlu menonton layar di dalam kabin jika ingin mengamati kondisi bagian belakang lokomotif.
  • Seluruh rancangan design dan perancangan lokomotif sepenuhnya karya anak negeri sendiri. Namun mesin yang dipakai masih belum asli buatan anak Indonesia. Walau begitu kita harus tetap mengapresiasi ini sebagai langkah awal kemajuan kereta api di tanah air.
Baca juga:  Sejarah dan Program Bimbingan Belajar “Villa Merah”

PT INKA mengungkapkan ada peluang untuk menawarkan Lokomotif CC 300 ke luar negeri, terutama untuk yang sering mengalami bencana banjir.

Ternyata indonesia tidak cuma bisa mengimpor dari pihak asing, namun mulai juga dapat menjual produk buatan dalam negeri. Contohnya PT. INKA ternyata juga berhasil menjual kereta api atas nama Indonesia ke beberapa Negara luar. Beberapa kereta buatan PT.INKA yang berhasil diekspor antara lain:

  1. Maitree Express, Bangladesh
  2. Flatcar, Australia
  3. Ballast Hopper Wagon, Thailand
  4. Express Senandung Semalam, Malaysia

Beberapa negara lain yang juga membeli produk kereta api buatan Indonesia adalah Negara Sudan. Untuk Negara Sudan seri/modelnya kereta api yang dibeli sama dengan Negara Bangladesh dan Phillipina dengan lokomotif dengan nomer seri CC 203 42. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berpusat di Madiun ini, akan menyiapkan teknis bagi kebutuhan kereta di tiap negara tahun ini. Lebar track antara rel di Negara Indonesia dan ketiga negara tersebut berbeda, sehingga perlu ada penyesuaian.

Baca juga:  Bacaan Buka Puasa Ramadhan
author
One Response
  1. author

    http://opikini.com/1 tahun ago

    wah keren kirain selama ini cuma negara luar yg bisa bikin ternyata Indonesia juga bisa toh

    Reply

Leave a reply "Kereta Api Buatan Indonesia"