Kereta Api Indonesia Reservasi

No comment 750 views

Kereta api merupakan transportasi umum yang menjadi salah satu kendaraan favorit bagi masyarakat . Kereta api biasanya dijadikan pilihan alternatif untuk melakukan perjalanan ke daerah lain selain menggunakan angkutan pesawat terbang. Waktu tempuh yang relative cepat, serta kenyamanan saat mengendarai kendaraan panjang ini menciptakan pengalaman menyenangkan dalam bepergian.

Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan dengan menumpangi kereta api tentunya harus terlebih dahulu memesan tiket kereta api. dapat dilakukan 90 hari sampai dengan H-1 sebelum keberangkatan atau sesuai dengan kebijakan KAI. Reservasi tiket KA  dapat dilakukan dari berbagai tempat yang Anda inginkan dengan datang langsung ke , melalui telpon atau lewat internet.

Pemesanan (reservasi) tiket kereta api dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu:

Memesan tiket kereta api di stasiun kereta

Ada dua cara membeli tiket kereta api, bisa secara online ataupun offline. Dulu jika kita ingin bepergian dengan kereta api, kita bisa mendapatkan tiket langsung datang ke stasiun tanpa perlu syarat apapun. Cuma tinggal mengatakan kemana tujuan dan berapa jumlah tiket yang kita beli pasti akan langsung dilayani. Saat ini, ketika Anda mau memesan tiket terlebih dahulu harus mengisi formulir pemesanan. Pemesanan langsung di stasiun H-1 sampai H-90 disebut reservasi.

Baca juga:  Exchange Rate Bank Indonesia (Informasi Kurs BI)

Berikut ini panduan membeli tiket kereta api langsung di stasiun :

  1. Membawa kartu identitas yang masih berlaku (KTP/SIM/passport) .

Keterangan indentitas dibutuhkan untuk pengisian formulir . Untuk anak usia di bawah 17 tahun, keterangan formulir hanya diisi nama dan tanggal lahir.

  1. Disarankan membawa pulpen sendiri agar pengisian formulir lebih cepat tidak harus antri
  2. Data yang harus anda isi berisi :
    • Nama pemesan ( sesuai di karu identitas )
    • Nomor kartu identitas
    • Nama penumpang 1 s.d 4 maksimal per lembar formulir
    • Nomor kartu identitas penumpang 1 s.d 4
    • Jadwal keberangkatan kereta
    • Nama kereta api
    • Tujuan
    • No telepon

    Setelah data diatas anda isi semua anda bisa mengantri untuk membeli tiket diloket yang sudah disediakan di stasiun kereta api .

  3. Untuk menghindari tiket habis disarankan memesan tiket seminggu sebelum tanggal keberangkatan. Jumlah penumpang kereta api sekarang dibatasi dengan jumlah tempat duduk yang ada .

Reservasi Tiket Kereta Api Online

Pemesanan kereta api semakin mudah sejak adanya online. Kemanapun anda akan pergi, tiket kereta api dapat dipesan online via internet.

tiket-kereta-online

Caranya:

  1. Masuk ke situs PT. Kereta Api Indonesia (KAI) yaitu www.kereta-api.co.id Pada menu utama, klik Reservasi Tiket.
  1. Ketika telah memasuki halaman reservasi tiket, di kolom info jadwal dan reservasi, silahkan input tanggal keberangkatan, stasiun asal dan tujuan lalu isikan jumlah penumpang baik dewasa, anak dan bayi. Klik tampilkan.
  2. Halaman selanjutkan silahkan pilih jam keberangkatan anda dan kelasnya eksekutif/bisnis. Lalu klik tombol booking.
  3. Setelah itu muncul halaman baru mengenai detail rencana perjalanan , jangan lupa untuk mencentang kotak dibawah sebelum menekan tombol lanjutkan.
  4. Lalu anda akan masuk halaman pembayaran. Di info perjalanan, silahkan pilih nomor dan posisi tempat duduk dengan menekan tombol pindah. Pilihlah jenis pembayaran menggunakan ATAM atau kartu kredit. Jika sudah tentukan tempat duduk dan jenis pembayaran.
  5. Di halaman selanjutnya, isilah datavidentitas anda, perlu dicatat bahwa data penumpang harus sesuai dengan KTP. Isilah kolom CAPTCHA. Lalu tekan tombol selanjutnya.
  6. Halaman berikut konfirmasi yang berisikan kode pemesanan, batas waktu, info perjalanan, info data penumpang, dan info serta info pembayaran. Segera lakukan pembayaran baik via ATM atau kartu kredit, ingat batas waktu pembayaran, jika melewati batas maka anda harus mengulangi kembali pemesanan.
  7. Setelah melakukan pembayaran, simpanlah struk dari ATM lalu tukarkan dengan tiket elektronik yang di kirim via email. Jadwal penukaran paling lambat 1 (satu) jam sebelum keberangkatan.

Membeli tiket secara online dapat mengurangi pengeluaran untuk biaya transport dan tidak usah mengantri beli tiket KA di stasiun.

Baca juga:  7 Bahasa Tubuh Orang Sukses yang Harus Anda Tiru
author
No Response

Leave a reply "Kereta Api Indonesia Reservasi"