Keunggulan Militer Indonesia yang Membuat Negara Lain Ngeri

saat ini memang boleh dibilang masih merupakan salah satu berkembang di . Sebagai berkembang, fasilitas dan infrastruktur negeri ini tentunya masih jauh dari maju semisal Amerika Serikat maupun -negara di Benua Eropa. Bahkan jika dibandingkan Asia lainnya, semisal Singapura dan Jepang, Indonesia masih harus tertinggal.

keunggulan militer indonesia - m.tempo.co

keunggulan militer indonesia - m.tempo.co

 

Namun, status sebagai negara berkembang tak lantas membuat Indonesia dipandang sebelah mata oleh negara lain. Bahkan, ada beberapa potensi negeri ini yang membuat iri sekaligus ngeri bangsa lain, salah satunya kekuatan militer.

Menurut data Global Firepower Index (GFP Index) per tahun 2015 lalu, kekuatan militer Indonesia berada di atas negara-negara Asia Tenggara lainnya. Secara global, militer Indonesia berada di peringkat ke-12 dunia, tepat di atas Australia. Indonesia hanya kalah dari negara-negara maju lainnya semisal Amerika Serikat, Rusia, China, Inggris, Jepang, dan Jerman.

Sebenarnya, kekuatan militer Indonesia sudah ada sejak zaman perjuangan dahulu. Pada era 1960-an, atau tepatnya di masa pemerintahan Presiden Soekarno, kekuatan militer Indonesia merupakan yang terkuat di belahan bumi bagian selatan, terutama untuk angkatan udara (saat itu bernama AURI). Ketika itu, Indonesia memiliki pesawat jet tempur canggih di masanya dan kapal perang raksasa sekelas KRI Irian Jaya.

Salah satu faktor yang membuat militer Indonesia perkasa pada waktu itu adalah kedekatan hubungan bilateral dengan Uni Soviet. Saat itu, kekuatan militer Indonesia mendapatkan bantuan militer sebesar 2,5 miliar dolar AS dari angkatan udara dan laut milik Uni Soviet. Beberapa armada yang sempat diberikan Uni Soviet adalah kapal perang Sverdlov hingga pesawat tempur MiG-21 Fishbed.

Selain itu, Indonesia juga memiliki 26 armada pembom jarak jauh strategis seperti Tu-16 Tupolev (Badger A dan B) yang berada di Lapangan Udara Iswahyudi, Madiun. Tu-16 Tupolev dilengkapi dengan peralatan canggih beserta rudal khusus anti-kapal perang yang mempunyai daya ledak tinggi sehingga mampu menenggelamkan beberapa kapal tempur Barat dengan mudah.

Di era modern, pada tahun 2008 kemarin, menurut Discovery Channel Military, pasukan elite Indonesia yang tergabung dalam Kopassus dinobatkan sebagai pasukan elite nomor tiga terbaik di dunia. Pada pertemuan Elite Forces di Wina, Kopassus juga meraih peringkat dua dalam melakukan operasi militer strategis, hanya setingkat di bawah pasukan elite milik Amerika Serikat.

Hingga tahun 2015 kemarin, militer Indonesia tercatat sudah memiliki kendaraan jenis tank mulai Main Battle Tank (MBT), tank skala medium, hingga tank perusak dengan total 468 buah. Di samping itu, terdapat juga Armored Fighting Vehicles (AFVs) sebanyak 1.089 unit, Self-Propelled Guns (SPGs) sebanyak 37 buah, Towed-Artillery 80 buah, dan Multiple-Launch Rocket Systems (MLRs) sebanyak 86 unit.

Selain alutsista yang mumpuni, militer Indonesia juga disokong dengan banyak populasi penduduk yang mencapai lebih dari 250 juta orang. Dari jumlah itu, potensi rekrutan personel militer Indonesia mencapai lebih dari 129 juta orang.

Baca juga:  Guru Ini Membuat Gebrakan dengan Tidak Memberikan PR untuk Muridnya
author
No Response

Leave a reply "Keunggulan Militer Indonesia yang Membuat Negara Lain Ngeri"