Kredibilitas, Apa Arti Sebenarnya?

No comment 458 views

Dalam momen pemilihan presiden atau kepala daerah, kita tentu sering diminta memilih pemimpin yang memiliki kredibilitas tinggi. Demikian juga ketika kita akan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, kita tentunya juga kerap diminta untuk memilih yang memiliki kredibilitas mumpuni. Namun tahukah Anda, apa sebenarnya dari kredibilitas?

kredibilitas - david-pranata.com

kredibilitas - david-pranata.com

 

 

Menurut Kamus Besar Bahasa , kredibilitas bisa diartikan sebagai perihal dapat dipercaya atau bisa dipertanggungjawabkan. Dalam lingkup , kredibilitas bisa dimaknai sebagai tingkat kepercayaan sebuah di mata klien, pelanggan, mitra kerja, dan sumber daya keuangan. Kredibilitas merupakan kombinasi dari reputasi dan profil kredit .

Sementara dalam bidang informasi, kredibilitas informasi berarti informasi tersebut bisa dipercaya oleh para pengguna informasi dan bisa dipertanggungjawabkan secara hukum.. Jika terdapat kesalahan pada informasi tersebut, maka kesalahannya tersebut tidak terlalu banyak.

Adapun kredibilitas dalam penelitian kualitatif, adalah tingkat ukuran suatu kebenaran atas data yang telah dikumpulkan atau derajat kepercayaan data dan kecocokan data antara penelitian dengan hasil penelitian. Uji kredibilitas ini bisa dilakukan dengan jalan diskusi dan observasi.

Kredibilitas memang sering dikaitkan dengan sesuatu yang menyangkut nama baik, reputasi, kehormatan, dan keberadaan sebuah lembaga atau sosok yang menonjol di komunitasnya. Hal tersebut juga akan dipandang sebagai nilai jual yang memiliki efek positif dan selalu menjadi nilai lebih bagi pemiliknya.

Dalam aplikasi kehidupan sehari-hari, kredibilitas biasanya terkait dengan profesi yang diemban seseorang. Dalam hal ini, kredibilitas akan merujuk pada nama baik, reputasi, dan juga sepak terjang seseorang di dalam profesi yang dilakukannya selama ini. Hal tersebut nantinya menjadi tolok ukur atas kemampuan orang yang bersangkutan.

Sementara dalam bidang usaha, kredibilitas didapatkan berdasarkan tingkat pelayanan yang diberikan kepada para konsumen. Hal tersebut nantinya akan menciptakan sebuah reputasi yang baik dengan standar mutu yang tinggi dan bisa melebihi perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama.

Misalnya, sebuah bank akan memiliki kredibilitas tinggi di mata masyarakat jika bank tersebut mampu memenuhi standar pelayanan yang ditetapkan. Selain itu, bank dengan kredibilitas tinggi senantiasa memiliki kinerja di atas rata-rata jika dibandingkan dengan bank lain yang bergerak di bidang serupa.

Baca juga:  Perubahan Iklim Picu Maraknya Kebakaran Hutan
author
No Response

Leave a reply "Kredibilitas, Apa Arti Sebenarnya?"