Macam Beasiswa di STT Telkom – Telkom University Bandung

Universitas atau yang dulunya disebut STT merupakan sebuah universitas swasta di Bandung yang terbentuk dari penggabungan 4 institusi di bawah badan penyelenggara Yayasan (YPT). Keempat institusi tersebut diantaranya adalah Institut Teknologi (IT ), Institut Manajemen (IM ), Politeknik , dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Indonesia (STISI ).

Perguruan tinggi yang baru berdiri secara resmi pada tahun 2013 ini telah membuka 7 fakultas, diantaranya Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Teknik Informatika, Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Terapan, dan Fakultas Industri Kreatif.telkom-university-bandung

Sebagai perguruan tinggi swasta ternama, Telkom University tergolong kerap memberikan beasiswa. Hal ini terlihat dari bermacam-macam jenis beasiswa yang ditawarkan oleh Telkom University pada mahasiswanya. Skema beasiswa di Telkom university terbagi menjadi 4, yakni Beasiswa Pintar, Beasiswa Unggulan, Bidik Misi, serta Beasiswa untuk Alumni. Ada juga yang mengelompokkan jenis beasiswa tersebut menjadi beasiswa internal dan eksternal.

Beasiswa Internal diperuntukkan bagi anak pegawai YPT (Telkom Foundation), sedangkan beasiswa eksternal diperuntukkan bagi yang berasal dari luar pihak kampus (Telkom). Beasiswa internal sendiri mencakup berbagai jenis beasiswa, diantaranya The Best-3, JPPA-U, JPU-Pintar, JPA2-Pintar, JPPA-OSN, Kemitraan SMK dan SMK Telkom, beasiswa pindahan / 2 semester, beasiswa olahraga Bridge, Olahraga Tenis Meja, Olahraga Basket, beasiswa untuk WNA, serta beasiswa bantuan Orangtua tidak mampu. Sementara untuk beasiswa eksternal berasal dari Kopertis BPPA dan BBM, Bidik Misi, BRI, YPTI, Beasiswa Telkomcel Timor Leste, serta beasiswa dari Pemprov Jawa Barat.

Di luar beasiswa internal dan eksternal, Telkom university masih menyisakan Beasiswa Unggulan, Beasiswa Pintar, dan Beasiswa Alumni untuk para mahasiswanya. Beasiswa Unggulan diberikan pada mahasiswa yang lulus Ujian Tulis Jalur Prestasi Unggulan. Selanjutnya, mahasiswa tersebut akan dibebaskan dari bebas biaya Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan (UP3), Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan (SDP2), serta Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) Selama 8 Semester sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ada pula Beasiswa Pintar, beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang Lulus Seleksi pengajuan Beasiswa Pintar. Mahasiswa yang lulus tersebut akan mendapat fasilitas beasiswa yaitu dibebaskan dari biaya UP3 dan SDP2 dengan beberapa persyaratan yang ditentukan oleh pihak kampus. Terakhir, adalah Beasiswa Alumni yang diperuntukkan bagi Alumni Telkom University yang ingin melanjutkan studinya melalui program lanjutan D3 ke S1 atau S1 ke S2 (Pasca Sarjana).

Baca juga:  Tentang Stasiun Paron Ngawi dan Jadwal Kereta Api

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*