Manfaat Hutan Mangrove Untuk Ikan Laut

Hutan mangrove atau hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di air payau,dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan Mangrove atau hutan bakau merupakan salah satu hutan yang banyak ditemukan pada kawasan muara dengan tanah rawa atau padat.

Hutan-hutan bakau menyebar luas di bagian yang cukup panas di , terutama di sekeliling khatulistiwa, di wilayah tropika dan sedikit di subtropika.hutan-bakau-indonesia

Luas hutan mangrove tercatat berada di antara angka 2,5 hingga 4,5 juta hektar. Ini berarti hutan mangrove atau hutan bakau merupakan mangrove yang terluas di dunia. Melebihi Brazil (1,3 juta ha), Nigeria  (1,1 juta ha) dan Australia (0,97 ha). (Spalding dkk, 1997 dalam Noor dkk, 1999).

Baca juga:  Arti, Ciri, dan Tipe Paguyuban

Hutan mangrove dapat menjadi solusi untuk berbagai jenis masalah lingkungan yang sering terjadi di bumi, terlebih semenjak krisis iklim dan berbagai macam pencemaran lingkungan menjadi semakin marak di bumi tercinta, termasuk di Indonesia. Kerusakan lingkungan ini bukan hanya berdampak negatif pada manusia, melainkan juga untuk hewan-hewan, khususnya hewan yang hidup di habitat air.

Salah satu manfaat hutan mangrove untuk hewan adalah manfaat hutan mangrove untuk ikan laut.

Manfaat hutan laut untuk ikan laut adalah sebagai tempat perlindungan bagi spesies-spesies ikan yang ada di laut. Beberapa jenis hewan laut seperti ikan, udang, kepiting, kura-kural, dan siput memiliki yang membuatnya hanya cocok untuk tinggal di air payau. Dengan adanya hutan mangrove, tentu saja hal ini dapat menjadi sebuah habitat bagi spesies-spesies ikan, udang, kepiting, kura-kura, siput, dan ikan laut lainnya.

Baca juga:  Kesuksesan Film “Finding Dory” Justru Mengancam Populasi Ikan Blue Tangs

Dengan menjaga kelestarian hutan mangrove, habitat ikan laut akan menjadi lebih terjaga sehingga ikan laut dan aneka spesies lainnya dapat berkembang biak secara optimal di hutan mangrove.

Apabila hal ini dapat berjalan dengan baik, pada akhirnya hutan mangrove secara tidak langsung juga dapat memberikan manfaat yang besar bagi manusia dari keberhasilan konservasi terhadap ikan laut melalui hutan mangrove.

Melalui kondisi hutan mangrove yang baik, aneka jenis ikan laut akan dapat berkembang biak secara optimal sehingga hal ini akan mendatangkan manfaat secara ekonomi, terlebih bagi para nelayan dan penduduk di sekitar mangrove yang bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan konsumsi atau kebutuhan lainnya seperti perdagangan, dengan penggunaan yang bertanggungjawab.

Baca juga:  Pengertian Interpretasi dalam Berbagai Bidang

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*