Manfaat Hutan Secara Ekonomi

No comment 2358 views

Sebagai rakyat Indonesia kita semestinya bersyukur atas berbagai keberlimpahan alam yang ada di negara ini. Hutan salah satunya.

Hutan di negara Indonesia adalah hutan tropis yang memiliki berbagai macam spesies baik flora maupun fauna. Berbagai kekayaan alam telah disediakan oleh Hutan Indonesia untuk rakyat Indonesia yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai bidang seperti pengetahuan dan teknologi, klimatologis, ekologis, dan .Hutan-Tropika-Indonesia.

hutan secara ekonomi sangat besar.

Hutan dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi para pembalak hutan legal yang memenuhi syarat-syarat ketat yang diberikan oleh Pemerintah, dalam hal ini khususnya Kementerian Kehutanan. Hasil-hasil hutan dapat dijual langsung atau diolah menjadi berbagai barang yang dapat mendatangkan nilai ekonomi yang cukup tinggi, seperti furniture dan barang-barang berunsur kayu lainnya. Dengan demikian, manfaat hutan secara ekonomi juga akan mendatangkan devisa bagi negara dari penjualan hasil-hasil hutan baik ke dalam maupun luar negeri.

Baca juga:  Orang British vs Orang Jepang, Mana yang Lebih Sopan?

Sebagai gambaran, berikut ini adalah tabel pergerakan ekspor hasil hutan berupa olahan kayu berdasarkan data dari website KPP BUMN tahun 2002.

Kayu Olahan Yang Diekspor Volume (m3) Nilai (Juta USD) Negara Tujuan Utama
Plywood 4.983.025 440,91 Japan (26%)
Kayu Gergajian 392.588 1,91 Taiwan (73%)
Woodworking 6.676.796 222,83 Singapore (40%) & Japan (22%)
Blockboard 464.218 31,61 Hong Kong (57%)
Pulp 232.710 54,05 China (98%)
Kertas 282.470 166,91 Asia (89%)
Veneer 132 0,06 Singapore (100%)
Chipwood 59.138 5,19 Japan (48%) &

(26%)

Namun demikian, manfaat hutan secara ekonomi tidak hanya dilihat dari hasil hutan berupa kayu yang memang telah memberikan devisa yang cukup besar bagi negara ini. Berbagai macam hasil hutan non kayu seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, jamur, minyak nabati, rempah-rempah, gambut, ranting untuk kayu bakar, dan madu, adalah hasil-hasil hutan non kayu yang bermanfaat secara ekonomi. Selain itu, tumbuhan paku, kayu manis, lumut, karet, resin, dan getah juga termasuk ke dalam kategori hasil hutan non-kayu yang telah memberikan sumbangan devisa tak kalah besar jika dilihat dari ekonomi skala makro.

Bagi penduduk di sekitar hutan, manfaat hutan secara ekonomi juga dirasakan dari ketersediaan hasil-hasil hutan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dengan mengambil hasil-hasil hutan untuk dikonsumsi atau dijual dalam skala perorangan dalam sistem perdagangan tradisional.

Selain manfaat dari segi ekonomi, hutan juga memiliki manfaat dalam berbagai bidang, seperti pada bidang ilmu pengetahuan dimana hutan dapat menjadi laboratorium raksasa pagi para untuk mempelajari keanekaragaman hayati yang dapat bermanfaat bagi kemajuan bangsa.

Dengan menyadari bahwa manfaat hutan secara ekonomi sangatlah besar, maka sudah sepatutnya apabila kita memiliki rasa tanggungjawab dan kesadaran untuk bersama-sama menjaga keberlangsungan hutan Indonesia. Sebab, jika hal ini tidak dilaksanakan, sudah tentu akan berdampak buruk pada aspek-aspek yang lain, seperti klimatologi dan ekologi.

Baca juga:  Windows 7 Starter Edition, Pilihan OS terbaik untuk Netbook dan Tablet
author
No Response

Leave a reply "Manfaat Hutan Secara Ekonomi"